24 October 2020, 10:55 WIB

Hari Dokter Indonesia, MKKI Minta Dokter untuk Tetap Tangguh


Atalya Puspa | Humaniora

PERINGATAN Hari Dokter Indonesia pada hari ini, Sabtu (24/10), bertepatan dengan hari ulang tahun ke-70 Ikatan Dokter Indonesia.

Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI) David S. Perdanakusuma meminta seluruh sejawat dokter di Indonesia harus tetap teguh memegang azas kemaslahatan bagi seluruh masyarakat dan azas kesejawatan antardokter.

"Saat ini dokter bersama masyarakat berupaya keras mengatasi bencana pandemi covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Mari bahu membahu terus berjuang bersama, karena tanggung jawab itu tersemat di pundak kita. Jangan patah semangat, kalau bukan kita sebagai dokter, siapa lagi yang dapat diharapkan menyelamatkan negeri kita tercinta Indonesia dari pandemi ini," kata David dalam keterangan resmi, Sabtu (24/10).

Baca juga: Juli-September, Angka Tertinggi Indonesia Kehilangan Dokter

Dikatakan juga oleh Ketua Tim Mitigasi PBB IDI Adib Khumaidi, profesi dokter di Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan yang sangat luar biasa, bahkan menjadi ancaman terhadap eksistensi profesi baik dari dalam maupun luar.

Sementara untuk mengatasi pandemi covid-19 ini perlu penekanan yang diberikan pada biosecurity dan upaya untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

"Maka dari itu, tingkatkan perhatian pada inisiatif horizontal seperti program jangka panjang untuk memperkuat layanan kesehatan nasional, pelayanan kesehatan primer, pendidikan kesehatan masyarakat  atau keterlibatan masyarakat dalam penyusunan inisiatif kesehatan," tutur Adib.(OL-5)

BERITA TERKAIT