24 October 2020, 05:55 WIB

Kemenhub Awasi Ketat Transportasi 


MI | Ekonomi

KEMENTERIAN Perhubungan dan instansi terkait seperti kepolisian memastikan akan mengawasi secara ketat transportasi darat, laut, dan udara saat libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28-30 Oktober 2020 untuk mencegah peningkatan kasus covid-19.

“Kita tidak ingin saat liburan panjang akhir bulan ini justru menimbulkan lonjakan kasus covid-19 sehingga perlu dilakukan pengawasan ketat kepada seluruh operator transportasi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers virtual di Jakarta, kemarin, terkait persiapan Kemenhub mengantisipasi libur panjang akhir Oktober 2020.

Untuk itu, kata Menhub, pihaknya bersama Kakorlantas dan pejabat eselon I Kemenhub akan berpencar ke berbagai daerah untuk mengawasi pelaksanaan perjalanan di berbagai daerah.

Menhub menegaskan pengawasan protokol kesehatan sektor transportasi tidak hanya dilakukan di Jakarta dan Pulau Jawa, tapi juga di semua daerah Indonesia, baik sektor udara, laut, maupun darat.

Kemenhub memprediksi sedikitnya 110 ribu orang bakal naik pesawat pada libur panjang ini. “Puncak keberangkatan penumpang saat liburan diperkirakan terjadi pada Rabu (28/10) dengan jumlah sebesar 110 ribu penumpang,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto.

Sebaliknya puncak arus balik liburan panjang, lanjut Novie, diperkirakan pada Minggu (1/11) dengan jumlah sebesar 112.000 penumpang.

Novie mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi kebutuhan kapasitas penumpang apabila terjadi lonjakan penumpang yang signifi kan seperti dari slot time dan jam operasi bandara.

Untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang, Menhub meminta masyarakat tidak pulang berbarengan di hari yang sama.

“Saya mengimbau masyarakat agar tidak semua pulang pada (Selasa) 27 (Oktober) malam dan 28 (Oktober). Kalau bisa sebagian pulang di hari yang berbeda karena itu bisa mengurangi penumpukan penumpang,” kata Budi.

Dia meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tidak melepas masker di dalam mobil saat pergi liburan. (Ins/Ant/E-3)

BERITA TERKAIT