23 October 2020, 22:39 WIB

WhatsApp Business Luncurkan Tombol yang Mengarahkan ke Katalog


Siti Retno Wulandari | Teknologi

APLIKASI perpesanan kini tak hanya digunakan untuk komunikasi pribadi. WhatsApp sebagai salah satu aplikasi pesan pun menghadirkan WhatsApp Business sejak 2018 dan mendapatkan data sudah 175 juta orang berkirim pesan ke akun bisnis tersebut.

Karena itu, WhatsApp pun memberikan fitur tambahan untuk membantu para pelaku bisnis dan konsumen berniaga melalui platformnya. Salah satunya, tombol belanja baru yang akan memberikan tanda pada konsumen bahwa suatu bisnis memiliki katalog. Hal ini akan membuat konsumen dengan cepat dan mudah menemukan sesuatu yang ingin dibeli.

Baca juga: KKP Tambah Kawasan Konservasi di Daerah Merauke

Pun, WhatsApp akan memperluas pilihan pengguna untuk melihat produk yang tersedia dan melakukan pembelian secara langsung dari chat. Kemudahan kepada bisnis untuk mengintegrasikan fitur-fitur ini dengan sistem perbelanjaan dan solusi pelanggan yang sudah mereka miliki saat ini. Ini akan membantu banyak bisnis kecil sebagai pihak yang paling merasakan dampak dari pandemi.

Platform pesan digital ini juga akan menyediakan opsi baru kepada bisnis untuk mengelola pesan WhatsApp melalui layanan hosting yang rencananya akan ditawarkan oleh Facebook. Keberadaan opsi ini akan mempermudah bisnis kecil dan menengah untuk memulai bisnis, menjual produk, memperbarui inventaris, dan merespons dengan cepat pesan yang mereka terima, di mana pun karyawan mereka berada.

Sebagian layanan yang diberikan pun akan dipungut biaya. Hal ini ditujukan untuk membantu WhatsApp untuk terus membangun bisnisnya sambil terus menyediakan dan memperluas layanan perpesanan teks dan panggilan suara dan video yang terenkripsi secara end-to-end untuk lebih dari dua miliar pengguna.(RO/OL-5)
 

BERITA TERKAIT