23 October 2020, 21:34 WIB

Kompetisi Terhenti, Shin Tae Yong Sulit Pilih Pemain


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

PELATIH Timnas U-19 Shin Tae Yong, kesulitan memilih pemain lantaran tiada kelanjutan kompetisi nasional.

Timnas U-19 telah menjalani pemusatan latihan di Kroasia sejak 30 agustus.

Ia pun menekankan bahwa kelanjutan kompetisi sebagai suatu keniscayaan bagi pemain.

Kompetisi klub tidak bisa disamakan dengan training camp atau pertandingan persahabatan karena memiliki tujuan berbeda.

Timnas U-19 sendiri akan kembali ke tanah air pada 27 Oktober. Nantinya para pemain akan dikembalikan ke klub masing masing untuk mengikuti kompetisi LIga 1 dan Liga 2.

Tanpa kelanjutan kompetisi ia mengaku akan kesulitan dalam menjalankan tugasnya sebagai pelatih Timnas U-19.

''Ujung dari sebuah kompetisi itu timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub,'' ujar pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong dalam laman resmi PSSI, Jumat (23/10).

Ia menegaskan kompetisi tidak dapat ditunda tunda pelaksanaannya. Sebab kompetisi menjadi bagian utama dari perjalanan suatu tim nasional. Semakin cepat digelar menurutnya akan semakin bagus dampaknya bagi kualitas timnas.

''Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Saya juga bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-19. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan,'' imbuh Shin Tae-yong.

Shin menambahkan setelah TC Timnas U-19 di Kroasia ia sudah bisa melakukan evaluasi terhadap individu pemain.

"Siapa yang punya kualitas bagus tentunya kan dipertahankan. Kompetisi sangat perlu agar pemain melakukan pertandingan untuk mengasah kemampuan mereka saat mereka tidak TC dengan Timnas," pungkas pelatih yang menukangi Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 tersebut.

Timnas U-19 akan mengakhiri TC di Kroasia pada Senin 26 Oktober 2020 mendatang. Selanjutnya pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Rencananya PT Liga Indonesia Baru sebagai operator akan melanjutkan kompetisi Liga 1 pada 1 November.

"Itu sebabnya kami memohon kepada Kepolisian untuk mengizinkan agar Liga 1 dan Liga 2 kembali berputar. Sebab kompetisi ini penting bagi timnas dan tentu PSSI,'' kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT