23 October 2020, 18:12 WIB

Warga Diimbau Tertib Protokol Kesehatan Selama Cuti Bersama


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tidak melepas di dalam mobil saat pergi liburan. Libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 28- 30 Oktober 2020.

"Yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil (warga) harus menggunakan masker. Karena kita tidak ingin hal-hal terduga," kata Budi dalam press conferrence virtual 'Upaya Kemnehub Mengantisipasi Libur Panjang Akhir Oktober 2020', Jumat (23/10).

Budi megimbau masyarakat untuk selalu waspada dalam penularan covid-19. Ia menyebut banyak kejadian warga tidak menyadari merupakan orang tanpa gejala atau OTG.

"Kita tidak tahu kalau kita OTG dan orang lain bisa kena (covid-19), seperti anak kita, saudara kita kena di dalam mobil," kata Budi.

Menhub juga meminta masyarakat yang menggunakan transportasi umum eperti pesawat dan transportasi publik lainnya untuk tidak melepas masker dan jangan berbincang terlalu lama di dalam pesawat, bus atau kereta api.

Kemenhub akan melakukan pengecekan secara acak atau random check untuk memastikan protokol kesehatan telah dilakukan dengan baik oleh para penumpang, baik di dalam bus, kereta api atau di mobil.

Hal itu, kata Budi, lebih baik ketimbang dilakukan cek ke semua angkuta karena dikhawatirkan akan terjadi penumpukan kendaraan.

"Saya juga minta tindakan yang ketat dan lakukan random check terhadap bus, atau kendaraan lain. Mengapa? Agar ini bisa terkontrol protokolnya," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT