23 October 2020, 12:59 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Kembali Naik


Djoko Sardjono | Nusantara

KASUS positif covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, Kamis (22/10) kembali melonjak setelah melandai dalam beberapa hari terakhir. Kali ini, kasus terkonfirmasi positif korona bertambah 20 orang, dua di antaranya meninggal dunia. Penambahan 20 orang terkonfirmasi positif itu berasal dari Kecamatan Pedan (1), Prambanan (1), Karangdowo (1), Wonosari (4), Klaten Utara (1), Wedi (1), Jatinom (1), Klaten Tengah (1), Juwiring (4), Ceper (3), Trucuk (1), dan Karanganom (1).

"Hari Kamis (22/10), ada penambahan 20 orang terkonfirmasi positif, dua di antara mereka meninggal dunia. Namun, ada dua pasien sembuh," kata Cahyono Widodo, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (23/10).

Menurut Cahyono, delapan dari 20 orang terkonfirmasi positif baru diketahui kontak erat kasus positif covid-19, tujuh terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten, dan lima orang lainnya tertular ketika berada di luar kota.

Kemudian, dua pasien positif yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, adalah warga dari Kecamatan Cawas dan Bayat. Sekalipun sudah sembuh, mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah minimal selama tujuh hari.

baca juga: Pemkab OKI Minta Masyarakat Nikmati Libur Panjang di Rumah

Dengan penambahan 20 orang terkonfirmasi positif dan dua pasien sembuh,  lanjut Cahyono, jumlah akumulatif pasien positif di Klaten kini menjadi 785 orang. Sebanyak  663 orang sembuh, 95 dirawat, dan 27 orang meninggal dunia. Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan. Gunakan masker jika beraktivitas di luar rumah, jaga jarak, dan biasakan cuci tangan pakai sabun. (OL-3)

BERITA TERKAIT