23 October 2020, 11:44 WIB

Biden Sebut Trump Presiden Paling Rasis dalam Sejarah Modern


Faustinus Nua | Internasional

KANDIDAT presiden dari partai Demokrat Joe Biden mengatakan capres petahana Donald Trump merupakan salah satu presiden paling rasis dalam sejarah modern.

"(Trump) salah satu presiden paling rasis yang kami miliki dalam sejarah modern. Dia menuangkan bahan bakar ke setiap tembakan rasis," kata Biden dalam debat presiden pada Kamis (22/10) malam.

Ia mencatat Trump memulai kampanyenya tahun 2016 dengan menyerang orang Meksiko sebagai "pemerkosa".

Selama debat presiden, moderator Kristen Welker bertanya kepada Trump dan Biden terkait cara mereka membahas rasisme dengan orang tua kulit hitam. Membahas mengapa mereka perlu memberi tahu anak-anak mereka tentang rasisme sistemik di Amerika.

Biden memberikan tanggapan pribadi bahwa orang tua kulit hitam harus memberi tahu anak-anak mereka bagaimana berperilaku dengan polisi. Sementara itu, Trump fokus pada bagaimana memberikan grasi kepada beberapa orang yang dipenjara dan mengesahkan RUU reformasi peradilan pidana.

Baca juga: Debat Terakhir Capres, Biden Serang Trump soal Covid-19

Di akhir tanggapannya yang berliku-liku, Trump membuat pernyataan bahwa dia bukan orang yang rasis.

"Saya orang paling rasis di ruangan ini. Saya bahkan tidak bisa melihat penonton karena sangat gelap. Tapi saya tidak peduli siapa yang hadir. Saya orang paling tidak rasis di ruangan ini," ulangnya kemudian.

"Abraham Lincoln di sini adalah salah satu presiden paling rasis yang pernah kami alami dalam sejarah modern," tukas Biden.

Namun, Trump tidak mengerti lelucon itu.(TheGuardian/OL-5)

BERITA TERKAIT