22 October 2020, 21:26 WIB

Pemprov DKI Tambah Pompa untuk Antisipasi Banjir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza memastikan tahun ini Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI akan terus menambah pompa-pompa untuk mengendalikan banjir.

Hal itu dipastikan dari pengajuan anggaran Dinas SDA DKI pada rancangan APBD Perubahan 2020 yang saat ini sedang dibahas oleh DPRD DKI Jakarta.

"Detailnya saya tidak hapal, tapi sejauh yang saya tahu, itu digunakan untuk di antaranya program pengerukan sampah, program drainase vertikal, program pompa, kemudian juga program pembebasan lahan," kata Ariza di Balai Kota, Kamis (22/10).

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan tiap tahun Pemprov DKI selalu melakukan pembelian pompa serta menyisihkan anggaran untuk pemeliharaan.

Namun, ia mengakui jumlahnya kerap kali kurang karena curah hujan yang tiap tahun selalu meningkat.

"Ya kalau terkait pompa itu selalu ada perbaikan atau revitalisasi. Selalu ada juga yang baru. Kalau bicara pompa di Jakarta ini sekalipun kita punya pompa dalam jumlah yang banyak, ya jumlahnya masih kurang," jelasnya.

Namun, menurutnya bukan hanya Jakarta yang saat ini masih berjibaku dengan banjir. Banjir terjadi di banyak negara dan pompa juga digunakan sebagai solusi mengatasi banjir.

"Kita selalu menambah pompa. Setiap tahun kita selalu menservis memperbaiki melakukan revitalisasi optimalisasi terkait pompa. Di dunia semua negara negara yang mengalami banjir ya pasti salah satunya mengendalikan pompa, selain program-program lainnya," tukasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT