22 October 2020, 19:15 WIB

Buka Mitra10 ke 36, Catur Sentosa Adiprana Tetap Ekspansif


Raja Suhud | Ekonomi

KEBERADAAN pandemi covid-19 tidak membuat PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) berhenti ekspansi.

CASP baru saja meresmikan gerai Mitra10 ke-36 di Jatimakmur, Bekasi. Superstore Bahan Bangunan dan Home Improvement ini merupakan gerai kedua yang diresmikan Perseroan sepanjang tahun ini.  Sebelumnya pada  April 2020 lalu CSAP telah membuka Mitra10 ke-35 di Lombok, NTB. 

Saat ini CSAP memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 38 Area Distribusi Consumer Goods (FMCG), 36 gerai “Mitra10” Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 12 gerai “Atria” Ritel Moderen Home Furnishing.

Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Idrus H. Widjajakusuma mengatakan industri ritel modern bahan bangunan di Indonesia masih sangat prospektif. 

CSAP akan terus melakukan ekspansi untuk memenuhi bertumbuhnya permintaan bahan bangunan dalam suasana berbelanja yang aman dan nyaman dengan konsep “One Stop Shopping & Solution”. 

"Dan tentu saja memperhatikan prinsip kehati-hatian (prudent) dalam berinvestasi dan berusaha di tengah masa pandemi," ujarnya.

Dalam pemilihan lokasi, Mitra10 memiliki konsep gerai yang berdiri sendiri, tidak berada dalam mal atau pusat perbelanjaan. 

Hal ini dikarenakan konsep destinasi kebutuhan bahan bangunan dan banyaknya item barang yang ditawarkan, besar dan berat barang yang ditawarkan, kebutuhan area Gudang yang luas serta mempermudah pembeli dalam mengakses/ parkir, bertransaksi dan membawa barang belanjaan.

Adapun pemilihan di area Jabodetabek tidak lepas dari pertumbuhan kawasan residensial di kawasan tersebut. Terlebih Mitra10 menyasar pemilik rumah yang bermaksud untuk merenovasi maupun membangun tempat tinggalnya baik itu rumah tapak maupun apartemen.


Strategi memperluas jaringan dengan penambahan/pembukaan gerai baru tersebut dilakukan untuk mendongkrak kinerja perusahaan di tengah pandemi covid-19  dimana CSAP akan fokus pada private brand untuk meningkatkan profitabilitas, selain itu perusahaan juga memperkuat strategi cost management

Pada semester I 2020 , penjualan  CSAP konsolidasi mencapai Rp. 5,79 triliun atau tumbuh 3,3% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Penjualan ini didominasi dari segmen Distribusi bekontribusi 63% (Building Materials, FMCG, dan Kimia) dan segmen ritel moderen berkontribusi 37% (Mitra10 & Atria), dimana pada periode yang sama tahun lalu didominasi segmen Distribusi 65% dan ritel 35%. 

"Pertumbuhan kontribusi ritel moderen ini searah dengan kebijakan mangement untuk fokus pada pengembangan bisnis ritel moderen demi meningkatkan profit margin perusahaan," jelas Idrus.

Gross Profit tumbuh 13,95% dibandingkan tahun lalu. Demikian pula dengan EBITDA, tumbuh 40,80% atau tumbuh dari 2,79%  menjadi 3,67% . Net Profit CSAP juga mengalami pertumbuhan 71,61% dari Rp. 18 miliar menjadi Rp 31 miliar di semester 1 2020.
    
Perseroan akan terus melanjutkan strategi investasi dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang berkembang. Hingga akhir tahun 2020 Perseroan berencana menambah dua gerai baru di Jawa Timur dan Kalimantan. Sehingga pada akhir 2020 mendatang Perseroan sudah memiliki 38 gerai Mitra10 dari rencana 50 gerai pada 2022 mendatang. (E-1)

BERITA TERKAIT