22 October 2020, 18:46 WIB

Kapolri: Lulusan Sespimti Polri Harus Jaga Moral Intitusi


Retno Hemawati | Politik dan Hukum

Kapolri Jenderal Idham Azis yang diwakilkan oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Gatot Eddy Pramono bersama Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Joni Supriyanto melaksanakan Penutupan Pendidikan (Tupdik) Sespimti Polri Dikreg ke-29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020 di Gedung Utaryo Suryawinata Sespim Lemdiklat Polri, Kamis (22/10).

Melalui Virtual Zoom Komjen Pol Gatot Eddy Pramono membacakan sambutan Kapolri Jenderal Idham Azis dengan menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh peserta didik Sespimti Polri Dikreg ke-29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020 yang telah lulus melaksanakan pendidikannya.  

Pada kesempatan tersebut Kapolri mengucapkan selamat atas kelulusan 86 Serdik Sespimti Dikreg Ke-29  yang terdiri dari 68 Serdik Polri dan 17 Serdik dari TNI AU, AL dan AD. Termasuk juga kepada seluruh Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020. Seluruhnya berhasil lulus dengan hasil yang sangat baik.

"Saya selaku pimpinan Polri mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik yang telah berhasil lulus. Kita ketahui bersama pandemi Covid 19 masih terus melanda. Saya terus mengikuti perkembangan pendidikan di lingkungan Polri agar tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 sesuai dengan amanah Presiden. Saya apresisasi pendidikan masih tetap berjalan lancar selama Covid-19 sehingga tak ada klaster penyebaran," ucap Komjen Gatot Eddy membacakan sambutan Kapolri melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Kamis (22/10).

Kapolri juga memberikan arahan kepada seluruh peserta didik yang telah berhasil menyelesiakan pendidikannya dengan sangat baik. Ia meminta seluruh peserta didik yang telah lulus ini terus menguatkan organisasi Polri ke depan agar semakin baik. Dan juga selalu siap untuk ditempatkan dimana pun dengan tugas baru. Ia berpesan ada dua tantangan yang dihadapi saat ini.

"Dua tantangan yang harus dihadapi, yakni penanganan covid bersama pemulihan nasional dan pilkada serentak. Presiden menaruh harapan besar, TNI-Polri sebagai garda terdepan menjaga kebijakan pemerintah sebaik-baiknya dalam penanganan Covid-19. Termasuk juga menjaga netralitas dalam proses Pilkada serentak," jelas Idham Azis.

Kapolri juga berpesan agar seluruh Serdik yang lulus nantinya bisa menjadi agen perubahan dalam mengemban tugas Institusi Polri.

"Saya berharap rekan-rekan menjadi Agent of Change, bukan agen yang kasak kusuk. Saya mengajak rekan-rekan wajib menjaga moral institusi. Anggota jadikan teman dan sahabat. Jangan pasang jarak. Tidak ada komandan yangg hebat, tapi hebat dalam menata anggota. Jadilah pemimpin yang memiliki komitmen dan bangun motivasi anggota. Satu keteladanan lebih baik dari 1000 nasehat," tegas Jenderal Idham Azis dalam sambutan yang dibacakan Komjen Gatot Eddy.

"Tingkatkan sinergi dengan TNI, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat. Polri tidak bisa kerja sendiri, perlu kerjasama dengan pihak terkait. Dalam pilkada netralitas polri tak bisa ditawar.  Bijaklah dalam sosial media dan jangan hidup mewah dan hedonis. Tanamkan motivasi untuk bangsa dan negara," sambung Idham Azis.

Selanjutnya di ujung sambutannya, Idham Azis berharap agar para peserta didik yang dilantik agar bis amenjaga integritas secara individu maupun institusi masing-masing setelah bertugas nanti. Mampu menjaga komunikasi dan hubungan di kesatuan masing-masing.

Setelah penutupan, selanjutnya dilaksanakan upacara penyerahan penghargaan kepada 7 peserta didik Sespimti Polri Dikreg ke-29 dan juga 7 peseta didik Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020  di Gedung Utaryo Suryawinata Sespim Lemdiklat Polri. (RO/OL-12)

BERITA TERKAIT