22 October 2020, 16:05 WIB

KONI Berharap Agenda Olahraga Bisa Dilangsungkan Kembali


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MENAGGAPI perkembangan olahraga prestasi saat ini, di mana keberlangsungan olahraga nasional yang terhambat akibat pandemi covid-19. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat berharap pemerintah dapat mempertimbangkan pemberian izin kegiatan olahraga prestasi agar dapat digelar di luar zona merah, hal ini sebagai upaya meminimalkan dampak terhadap dunia olahraga.

Seperti diketahui, pandemi covid-19 yang belum usai hingga saat ini menjadi landasan pemerintah membatalkan dan menghentikan sejumlah kegiatan olahraga di dalam negeri. Masalah kesehatan dan keselamatan menjadi faktor utama pemerintah yang hingga hari ini belum dapat kembali menggelar kegiatan olahraga preatasi.

Baca juga: Monster Energy Yamaha Hanya Andalkan Vinales di GP Teruel

"Di cabor (cabang olahraga) ada atlet, pelatih, pengurus dan juga pendukung lainnya termasuk industri olahraga. Mereka juga terdampak oleh kebijakan itu, mereka sandang dan pangannya di olahraga. Cari makan di olahraga, wajar kalau mereka resah dan setiap saat bertanya kapan kegiatan dapat dimulai kembali," ujar Ketua KONI Pusat Marciano Norman dalam keterangan resmi, Kamis (22/10).

Oleh karenanya, Marciano sangat berharap agar pemerintah bisa mempertimbangkan pelaksanaan kembali agenda olahraga, selain karena kepentingan pembinaan, juga dengan memperhatikan kondisi kesejahteraan ekosistem keolahragaan.

Nantinya, dalam pelaksanaanya  KONI menjamin, akan di barengi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, tanpa penonton, dan adanya pengawasan serta pendampingan dari pihak terkait yang berwenang. (OL-6)

BERITA TERKAIT