22 October 2020, 15:56 WIB

BI Prediksi Inflasi Akhir Tahun di bawah 2%


Fetry Wuryasti | Ekonomi

GUBERNUR Bank Indonesia Perry Warjiyo memprediksi inflasi akan masih sangat rendah sampai akhir tahun, yaitu di bawah 2%. Dalam laporan perkembangan inflasi, Perry menjelaskan sampai dengan September 2020 inflasi terpantau sangat rendah di seluruh daerah dan secara nasional tercatat 1,42% (Yoy).

Hal ini sejalan dengan permintaan yang belum kuat, terjaganya ekspektasi dan stabilitas nilai tukar rupiah, ketersediaan pasokan dari panen di sejumlah sentra produksi serta harga komoditas pangan global yang rendah.

"Bank Indonesia memperkirakan sampai dengan akhir tahun 2020 inflasi akan tetap rendah bahkan lebih rendah dari 2% atau di batas bawah sasaran target inflasi 3% +- 1%," kata Perry dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi, Kamis (22/10).

Pada tahun 2021, inflasi diperkirakan  akan terkendali  dalam kisaran sasaran 3% + - 1%. Meski demikian sejumlah risiko perlu diwaspadai antara lain meningkatnya permintaan domestik sejalan dengan proses pemulihan ekonomi nasional, kesinambungan pasokan dan distribusi pangan antardaerah dan antarwaktu maupun pengaruh tertunda dari ekspansi moneter yang dilakukan pada 2020.

"Oleh karena itu sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Bank Indonesia dengan berbagai inovasi program pengendalian inflasi, perlu terus kita perkuat untuk menjaga inflasi dalam rentang sasaran," kata Perry. (E-3)

BERITA TERKAIT