22 October 2020, 12:50 WIB

Korban Semburan Lumpur Blora Dapat Bantuan Kerbau


Akhmad Safuan | Nusantara

KORBAN bencana semburan lumpur gas belerang di lapangan Kesongo, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah mendapat bantuan 17 ekor kerbau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora. Semburan lumpur bercampur gas belerang setinggi belasan meter disertai suara letusan itu yang berlangsung sekitar 30 menit, hingga saat ini masih meninggalkan lumpur setengah mengering dengan luasan mencapai ratusan meter dan warga belum berani lagi menginjakan kakinya di lahan tersebut.

Setelah mengetahui bencana tersebut Bupati Blora Djoko Nugroho berkesempatan menengok warga yang terkna musibah semburan gas belerang. Bertempat di rumah salah seorang warga bernama Siman, Bupati Djoko Nugroho memberikan bantuan berupa 17 ekor kerbau kepada warga Dukuh Pakuwon Lor, Desa Gabusan, Kecamatan Jati.

"Saya minta bersabar, semua ini cobaan dan diambil hikmahnya, karena ini juga merupakan pengingat pada kita untuk selalu berserah kepada Tuhan," kata Djoko Nugroho sembari menyerahkan bantuan 17 ekor kerbau untuk korban semburan lumpur gas, Kamis (22/10).

baca juga: Satgas Covid-19 Cianjur Waspadai Potensi Klaster Pesantren

Bupati juga membagikan masker sambil mengecek kondisi warga di sekitar lokasi bencana sekaligus memberikan edukasi warga agar tetap melaksanakan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Blora, Hadi Praseno mengatakan bantuan kerbau sebanyak 17 ekor ini diberikan kepada warga yang kerbaunya menjadi korban semburan lumpur gas.

"Bantuan ini sebanyak 17 ekor kerbau yang diberikan kepada tujuh warga dengan jumlah bervariasi," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT