22 October 2020, 11:05 WIB

Irlandia Bersiap Lockdown Kedua


Nur Aivani | Internasional

JUTAAN orang di Irlandia bersiap untuk penguncian wilayah atau lockdown nasional kedua pada Rabu (21/10), ketika Spanyol menjadi negara pertama di Eropa yang melampaui 1 juta kasus covid-19.

Saat Irlandia bersiap menjadi negara Eropa pertama yang memasuki lockdown kedua, pemerintah daerah Madrid sedang mempertimbangkan pembatasan baru, setelah Spanyol melampaui 1 juta kasus.

Beberapa negara Eropa menolak penutupan nasional setelah langkah-langkah yang dilakukan di awal tahun memicu kepahitan yang meluas dan resesi yang dalam.

Baca juga: Bolsonaro Batalkan Pembelian Vaksin Covid-19 dari Tiongkok

Tetapi lonjakan yang terus-menerus dalam kasus covid-19 di seluruh benua hingga melampaui level awal tahun ini meningkatkan tekanan untuk memperketat tindakan.

Inggris, yang memiliki angka kematian terbesar di Eropa sebanyak 44.000, mengatakan pihaknya melarang lebih dari 1 juta orang di utara untuk berbaur dengan rumah tangga lainnya.

Wilayah South Yorkshire, yang mencakup Kota Sheffield, akan masuk ke dalam status peringatan 'sangat tinggi' atau pembatasan tingkat tiga setidaknya selama empat minggu mulai Sabtu.

Tindakan serupa baru-baru ini diumumkan untuk kota-kota di barat laut Liverpool dan Manchester dan wilayah Lancashire setelah terjadi lonjakan kasus. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT