22 October 2020, 10:56 WIB

Bolsonaro Batalkan Pembelian Vaksin Covid-19 dari Tiongkok


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro, Rabu (21/10), mengatakan pemerintahannya tidak akan membeli vaksin covid-19 dari Tiongkok.

Bolsonaro mengatakan hal itu sehari setelah Menteri Kesehatan Brasil Eduardo Pazuello mengumumkan pembelian jutaan dosis vaksin covid-19 dari Tiongkok.

"Warga Brasil tidak akan jadi kelinci percobaan negara mana pun. Itulah mengapa saya memutuskan tidak membeli vaksin dari Tiongkok," ungkap Bolsonaro dalam sebuah unggahan di Facebook.

Baca juga: Spanyol Jadi Negara UE Pertama Lampaui 1 Juta Kasus Covid-19

Bolsonaro mengungkapkan hal itu setelah mendapatkan desakan dari para pendukungnya untuk melarang CoronaVac, vaksin yang dikembangkan perusahaan Tiongkok, Sinovac.

Kepada wartawan, Bolsonaro mengatakan dirinya telah membatalkan kesepakatan yang diumumkan Pazuello, Senin (19/10), bahwa Brasil telah membeli 46 juta dosis vaksin CoronaVac dan akan didistribuskan mulai Januari mendatang.

Bolsonaro yang pemerintahannya memiliki hubungan tegang dengan Tiongkok berusaha mendesak agar Brasil membeli vaksin yang tengah dikembangkan Universitas Oxford di Inggris.

Kedua vaksin itu tengah memasuki tahap akhir uji klinis. Brasil membantu menguji kedua vaksin tersebut. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT