22 October 2020, 09:29 WIB

Stan Van Gundy Sepakat Tukangi Pelicans


Basuki Eka Purnama | Olahraga

STAN Van Gundy, yang menghabiskan 12 tahun sebagai pelatih NBA sebelum memutuskan menjadi kometator televisi, Rabu (21/10), mengatakan dirinya telah sepakat menjadi pelatih New Orleans Pelicans.

Pelatih berusia 61 tahun itu yang saudaranya Jeff juga merupakan pelatih NBA sebelum beralih profesi menjadi komentator televisi, menggantikan Alvin Gentry yang dipecat Agustus lalu setelah menukangi Pelicans selama lima musim.

"Saya sangat senang bergabung dengan tim New Orleans Pelicans yang penuh talenta," cicit Van Gundy. "Saya merasa terhormat bekerja dengan para pemain Pelicans. Saya tidak sabar berbicara dengan mereka."

Baca juga: Indiana Pacers Resmi Tunjuk Bjorkgren Sebagai Pelatih Kepala

Van Gundy menukangi Miami Heat antara 2003 dan Desember 2005 ketika dia memutuskan pensiun setelah Heat membukukan rekor menang kalah 11-10. Posisinya digantikan Pat Riley yang mengantarkan Heat menjadi juara NBA.

Pada 2007, Van Gundy menukangi Orlando Magic dan mengantarkan mereka mencapai final NBA pada 2009. Namun, kegagalan di putaran pertama playoff NBA pada 2011 dan 2012 membuat dia dipecat Magic.

Pada 2014, dia dikontrak menjadi pelatih Detroit Pistons. Namun, Pistons gagal lolos di tiga dari empat musim bersama Van Gundy.

Pelicans yang dimotori rookie Zion Williamson membukukan rekor menang-kalah 30-42 pada musim lalu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT