22 October 2020, 01:31 WIB

Istana: Jalan Jokowi di UEA tak Pengaruhi Dukungan RI ke Palestina


Dhika Kusuma Winata | Internasional

ISTANA Kepresidenan menjamin politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina tidak berubah. Kepala Staf Presiden Moeldoko menyatakan Indonesia akan tetap menjalankan politik luar negeri yang bebas aktif untuk mendukung Palestina.

"Politik luar negeri kita bebas aktif dan itu diyakini dan dijalankan oleh setiap pemimpin negara. Politik luar negeri kita terhadap Palestina tidak pernah berubah sedikit pun. Jadi tetap seperti itu, tidak akan terpengaruh oleh penamaan sebuah jalan," ucap Moeldoko di Gedung Bina Graha, Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (21/10).

Pernyataan Moeldoko itu menjawab terkait penamaan jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Sejumlah pihak menduga UEA berupaya mempersuasi Indonesia mendukung UEA yang tengah berupaya menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Moeldoko menyampaikan pemerintah mengapresiasi penamaan jalan Jokowi di Abu Dhabi. Pemerintah memaknainya sebagai bentuk apresiasi UEA kepada Jokowi sebagai kepala negara. Moeldoko menyebut hubungan Indonesia dengan UEA juga berkembang signifikan.

Baca juga : Diabadikan Sebagai Nama Jalan di UEAJokowi: Ini untuk Indonesia

"Posisi Indonesia membangun hubungan dengan UAE ada sebuah lompatan sangat signifikan. Saya pikir itu apresiasi yang luar biasa dari negara yang bersangkutan, untuk itu kita warga bangsa harus ikut berbangga karena nama pemimpin republik ini ditempatkan terhormat menjadi nama sebuah jalan," ucap Moeldoko.

Seperti diberitakan, pemerintah UEA mengabadikan nama Jokowi sebagai salah satu nama jalan di Abu Dhabi. Jalan tersebut terletak di lokasi strategis yakni di antara Abu Dhabi National Exhibition Center dan Embassy Area, sebuah kawasan yang menjadi pusat kantor perwakilan diplomatik.

Jokowi pun sudah menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah UEA. Ia menganggap penghormatan tersebut bukan semata untuk dirinya pribadi, melainkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT