20 October 2020, 23:22 WIB

62% Tempat Tidur Isolasi di RS Rujukan Covid-19 Telah Terpakai


Putri Anisa Yuliani | Humaniora

PEMPROV DKI Jakarta telah menyediakan tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU dalam penanganan covid-19.

Berdasarkan data terakhir pada 18 Oktober, terdapat peningkatan kapasitas tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU di 98 RS rujukan.

Baca juga: Imbas Demo, MRT Jakarta Tutup Stasiun Bundaran HI

"Untuk tempat tidur isolasi sejumlah 5.759, persentase keterisiannya sebesar 62% dengan total pasien isolasi sebanyak 3.598 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, dalam keterangan resminya, Selasa (20/10).

Sementara itu, untuk tempat tidur ICU sejumlah 783, persentase keterisiannya sebesar 65% dengan total pasien ICU sebanyak 508 orang.

Meski jumlah tempat tidur rawat pasien Covid-19 masih cukup, Pemprov DKI tetap mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pada penerapan kembali PSBB masa Transisi, Pemprov DKI Jakarta menyarankan, bagi masyarakat yang ingin memasuki wilayah Jakarta untuk melakukan pemeriksaan mandiri Covid-19 melalui JakCLM di aplikasi JAKI. Melalui JakCLM, masyarakat dapat mengetahui risiko covid-19 serta mendapatkan berbagai rekomendasi kesehatan sesuai dengan risiko yang dimiliki.

"Kontribusi masyarakat dalam pengisian JakCLM dapat membantu Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan pencegahaan penyebaran kasus Covid-19 di Jakarta," jelasnya.

Melalui Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, penindakan atas pelanggaran penggunaan masker dan pendataan buku tamu juga akan digencarkan, begitu pula dengan bentuk pelanggaran-pelanggaran PSBB lainnya. Sehingga, harapannya, masyarakat dapat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. (OL-6)

BERITA TERKAIT