20 October 2020, 23:04 WIB

Kemendag Gandeng Diaspora Promosikan Produk Nasional


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menilai diaspora Indonesia berperan penting dalam mempromosikan produk buatan dalam negeri.

Hal itu disampaikan Mendag saat memberikan sambutan dalam acara Pengumuman Pemenang Lomba Videografi Bangga Menggunakan Produk Indonesia di Taiwan yang digelar Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Taiwan, secara virtual, Selasa (20/10).

"Diaspora memegang peranan yang sangat penting dalam penggunaan produk Indonesia karena komunitas memiliki jaringan yang kuat dan memahami kondisi terkini,” ujar Agus dalam keterangannya.

Menurut Agus, Indonesia memiliki banyak karya-karya dan produk yang membanggakan. Produk yang dihasilkan, kata Agus, tidak hanya oleh industri skala multinasional, tetapi juga oleh industri rumahan, petani, dan nelayan Indonesia.

“Dengan terus menerus mempromosikan penggunaan produk Indonesia di luar negeri diharapkan akan diikuti dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk Indonesia yang berujung pada peningkatan ekspor dan bermuara pada perbaikan perekonomian nasional,” jelasnya.

Dijelaskan, lomba videografi di Taiwan tersebut dimulai pada 17 Agustus 2020 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-75.

Lomba diikuti 99 peserta yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan, warga negara Taiwan, serta warga negara asing lain yang berada di negara tersebut. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT