20 October 2020, 23:03 WIB

Indonesia Dapat Pinjaman Rp7 Triliun dari Jepang untuk Covid-19


Andhika prasetyo | Ekonomi

PEMERINTAH Jepang memberikan pinjaman sebesar 50 miliar yen atau setara Rp7 triliun kepada Indonesia untuk penanganan pandemi covid-19.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berharap, dengan bantuan fiskal tersebut, Indonesia bisa meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

"Dengan mempertimbangkan dampak penyebaran covid-19 terhadap perekonomian Indonesia, Jepang menetapkan memberikan pinjaman sebagai bantuan fiskal sebesar 50 miliar yen," ujar Suga dalam keterangan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10).

Selain meminjamkan dana segar, pemerintah Jepang juga akan memberikan bantuan peralatan medis guna memperkuat lembaga pengkajian kesehatan di Tanah Air.

Dukungan Jepang tidak berhenti di situ. Suga mengatakan pihaknya akan membuka kembali penerbangan khusus untuk keperluan bisnis.

"Kami sepalat untuk berkoordinasi agar kebijakan ini bisa dimulai secepatnya," tutur Suga.

Adapun, terkait perihal kerja sama di sektor-sektor lain, Suga memastikan semua itu akan terus dilanjutkan. Jepang, sambung dia, memiliki komitmen untuk menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur di nusantara seperti MRT, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya dan Pelabuhan Patimban.(OL-4)

BERITA TERKAIT