21 October 2020, 01:05 WIB

Die Roten Jaga Ritme


Akmal Fauzi | Sepak Bola

JUARA bertahan Bayern Muenchen bertumpu pada ritme kemenangan mereka untuk mengatasi tim tamu Atletico Madrid di babak pembuka Grup A Liga Champions 2020/2021, dini hari nanti.

Penegasan itu diungkapkan bomber andalan Die Roten julukan Muenchen Robert Lewandowski dalam menghadapi laga tidak mudah di Allianz Arena tersebut. “Kami perlu menjaga ritme dan memenangi pertandingan-pertandingan berikutnya,” kata striker Polandia yang telah mencetak 7 gol dan 4 assist dalam 4 pertandingan Bundesliga. 

“Liga Champions selalu spesial, tapi kami siap untuk pertandingan,” tegas pemain berusia 32 tahun itu.

Kesiapan mendapat ujian melawan tim setangguh Atleti julukan Atletico Madrid juga dilontarkan sang kapten FC Hollywood julukan lain Muenchen Manuel Neuer. “Ini pertandingan pertama, jadi Anda tidak pernah tahu di mana lawan Anda berada di Liga Champions. Mereka tim yang kuat. Semua orang tahu para pemainnya, jadi kami bisa menantikan pertandingan nanti,” kata kiper Timnas Jerman itu seperti dilansir laman resmi klub.

Dari jajaran pemain yang dimiliki, pelatih Hansi Flick memiliki kedalaman skuad. Jajaran pemain baru seperti Douglas Costa, Leroy Sane, Bouna Sarr, dan Eric Maxim Choupo-Moting bakal menambah daya dobrak tim tuan rumah.

Di kubu tim tamu yang dipoles Diego Simeone, kekuatan tim tereduksi dengan hengkangnya Alvaro Morata dan Thomas Partey. Tetapi, Atleti punya dua nama besar yang mereka beli di bursa awal musim ini, yakni Lucas Torreira dan Luis Suarez.

Suarez, bomber berpengalaman asal Uruguay, bakal didukung bintang muda Joao Felix. Pasalnya, penyerang utama, Diego Costa harus menepi akibat cedera. Perjuangan Los Rojiblancos  julukan Atletico tidak mudah.

Pasalnya, tim Ibu Kota Spanyol ini selalu kalah pada dua kunjungan terakhir di Allianz Arena. Namun, Simeone tentu menginginkan anak asuhnya tegar dan percaya diri mampu mengimbangi tim tuan rumah.


Krisis pemain

Di laga lain, juru taktik Liverpool Juergen Klopp membuang jauh-jauh kendala krisis pemain ketika melawat ke markas Ajax Amsterdam pada laga Grup D, dini hari nanti.

Klopp sudah tidak sabar lagi menjajal tim yang dia kagumi karena filosofi menyerang di setiap penampilan. The Reds mungkin kehilangan bek sentral Virgil van Dijk yang dibebat cedera. 

Kiper Alisson Becker, gelandang Thiago Alcantara dan pemain internasional Inggris Alex Oxlade-Chamberlain juga masih menjadi pesakitan. Dalam menghadapi Ajax, Klopp memiliki kenangan indah bertemu raksasa Belanda saat memoles Borussia Dortmund di Liga Champions 2012/2013. 

Dortmund menang 4-1 dan 1-0 atas De Godenzonen. Meski kalah, sepak bola menyerang Ajax bikin manajer asal Jerman ini kagum.
“Hal ini murni karena alasan personal. Anda membayangkan, ‘Oke, Anda ingin bermain di stadion ini melawan tim muda yang sangat menarik’,” kata Klopp dilansir laman resmi klub.

Ajax akan diuntungkan dengan krisis pemain di kubu the Reds. Klopp berkelit dengan mengatakan Liverpool punya sistem yang baik tentang pola permainaan dan rotasi pemain. Namun, tetap saja kehilangan pemain inti akan memangkas kekuatan klub berjuluk ‘si Merah’ yang sebenarnya. (Goal/Sportsmole/R-2)

BERITA TERKAIT