20 October 2020, 19:06 WIB

Kelak Manusia dapat Berkomunikasi dengan Telepon Seluler di Bulan


Putri Rosmalia | Weekend

BADAN Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menggandeng Nokia untuk membangun infrastruktur jaringan 4G di bulan. NASA telah menghibahkan dana US$14 juta atau sekitar  Rp106 miliar kepada Nokia untuk membantu proyek tersebut.

Dilansir dari theguardian.com, Senin,(20/10), mereka juga akan bekerja sama dengan perusahaan rekayasa luar angkasa Intuitive Machines untuk membangun jaringan 4G-LTE.

Nasa mengklaim dengan adanya jaringan seluler, komunikasi akan tercipta dengan lebih baik. Selama ini komunikasi di luar angkasa masih menggunakan radio.

Nantinya, jaringan juga akan ditingkatkan hingga menjadi 5G. Dengan begitu kecepatan jaringan yang ada akan sama seperti di bumi.

Infrastruktur dan jaringan yang dibuat akan disesuaikan dengan berbagai kondisi di bulan. Mulai dari suhu ekstrem, hampa udara, hingga tingginya radiasi.

Para peneliti NASA bahkan memprediksi bahwa nantinya jaringan yang ada akan berjalan lebih cepat dari bumi. Mengingat tak ada bentuk geografis yang beragam dan pepohonan yang lebat di bulan. (M-4)

BERITA TERKAIT