20 October 2020, 14:36 WIB

Kepala Dusun Positif Covid-19, Pelayanan Desa Cikahuripan Tutup


Mediaindonesia.com | Nusantara

PELAYANAN di kantor Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, ditutup sementara selama tiga hari. Ini terjadi setelah dua perangkat desa terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan hasil swab test.

"Ada dua perangkat desa yang terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu kepala dusun. Untuk sementara, pelayanan kantor desa ditutup dari 19-21 Oktober 2020," kata Kepala Desa Cikahuripan, Oman Haryanto, Selasa (20/10).

Dia menyatakan, kedua kepala dusun yang positif covid-19 saat ini dalam kondisi sehat serta menjalani isolasi mandiri. Sebelumnya, mereka ikut swab test yang dilakukan terhadap seluruh perangkat desa pada Selasa (13/10) di Puskesmas Jayagiri.

"Kami telah membuat laporan ke pihak kecamatan hingga ke Bupati Bandung Barat. Berdasarkan arahan Satuan Gugus Tugas Tim Covid-19 Kecamatan Lembang, kemudian diambil langkah dekontaminasi kantor selama tiga hari," ungkapnya.

Selama dekontaminasi kantor desa, dia melanjutkan, pelayanan menjadi dikurangi dan tidak dilakukan di kantor desa. Semua pegawai tetap melaksanakan tugas meski dikerjakan dari rumahnya masing-masing atau work from home (WFH).

Dia berharap pada Kamis (22/10) aktivitas perkantoran di Desa Cikahuripan sudah kembali berjalan secara normal. Namun demikian, hal itu pun akan dipengaruhi oleh perkembangan yang ada.

"Kami berusaha agar covid-19 tidak meluas di Cikahuripan. Makanya secara kontinyu kami melakukan penyemprotan disinfektan," ujarnya.

Oman menyebutkan, saat ini total ada orang positif covid-19 di Desa Cikahuripan. Untuk pasien positif yang sembuh pun masih menjalani isolasi tambahan selama 10 hari di rumahnya.

Dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan bersama dengan pihak Damkar. Selain itu, pihaknya menggencarkan sosialisasi gerakan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Masyarakat diharapkan dapat mengubah perilaku di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). "Masyarakat juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan usai beraktivitas," pungkasnya. (DG/OL-14)

BERITA TERKAIT