20 October 2020, 13:35 WIB

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini


Syarief Oebaidillah | Humaniora

FESTIVAL Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) kembali digelar oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud di tengah pandemi. Kegiatan Fiksi sudah diadakan sejak 2016 dan tahun ini pembukaannya dilakukan di Bandung Selasa (19/10).Kegiatan Fiksi dirangkaian dengan bulan vokasi dan kewirausahaan yang bertema Melejitkan talenta dan prestasi kewirausahaan di masa pandemi. 

Sekjen Kemendikbud, Ainun Na'im menyampaikan  apresiasi terhadap para siswa yang tetap bersemangat menciptakan rintisan usaha, menyusun rencana bisnis dan berusaha tetap sustain meskipun di tengah situasi pandemi. 

"Semangat seperti inilah yang sesungguhnya memang harus dimiliki oleh calon wirausaha masa depan. Bagi seorang calon wirausaha, situasi yang sulit dan tidak menentu justru dapat menjadi peluang untuk menciptakan beragam solusi yang inovatif, memetakan mitra potensial dalam kolaborasi strategis, dalam upaya membentuk wirausaha yang berdampak luas dan berkelanjutan," kata Ainun melalui tayangan video. 

Penyelenggaraan FIKSI tahun ini mengangkat tema 5Preneurship yang menuntut wirausahawan dapat bekerja sama memanfaatkan teknologi tepat guna, inovatif, realistis atau mudah diwujudkan serta efisien dan menghasilkan produk bagi kesejahteraan, kemakmuran dan perdamaian dunia.

Seleksi FIKSI ini melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah seleksi rencana bisnis. Sebanyak 1665 partisipan telah mendaftar, dengan 982 rencana bisnis, dan kemudian menghasilkan 129 rencana bisnis yang menjadi finalis di tingkat nasional untuk mengikuti seleksi tahap akhir. Yaitu seleksi pameran, presentasi, dan wawancara. Seleksi tahap akhir ini berlangsung pada tanggal 1924 Oktober 2020 secara virtual.

baca juga: Kemenag Siap Dukung UMKM Sediakan Produk Halal

Ada dua kategori yang dilombakan pada FIKSI 2020, yaitu  Kategori Rintisan Pemula dan Kategori Rintisan Lanjutan, yang meliputi bidang Boga, bidang Fashion, bidang Kriya, bidang Desain Grafis, bidang Game dan Aplikasi Digital, serta bidang Budidaya dan Lintas Usaha. Ainun optimistis bahwa  FIKSI dapat menjadi salah satu program yang berkontribusi bagi pencapaian SDG 2030. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT