20 October 2020, 11:53 WIB

Klopp Tetap Percaya Diri Hadapi Ajax


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Liverpool Juergen Klopp tetap percaya diri menghadapi Ajax pada laga perdana Grup D Liga Champion, Kamis (22/10) dini hari WIB. The Reds datang ke markas Ajax di Johan Cruyff Arena dengan kondisi krisis pemain akibat cedera.

Liverpool mendapat pukulan telak dalam pertandingan mereka melawan Everton. Bek tengah utama Virgil van Dijk mengalami cedera serius yang berpotensi membuatnya absen dari tim selama sisa musim.

Kiper Alisson Becker, gelandang Thiago Alcantara, dan pemain internasional Inggris Alex Oxlade-Chamberlain juga absen karena cedera.

Namun, Klopp sangat menunggu pertandingan melawan Ajax yang dikagumi dengan filosofi menyerang.

Baca juga: 999 Penonton akan Saksikan Laga Leipzig di Liga Champions

Klopp memiliki kenangan indah bertemu raksasa Belanda itu saat dia masih melatih Borussia Dortmund pada fase Grup Liga Champions 2012/2013.

Klopp mengantarkan Dortmund meraih kemenangan atas 4-1 dan 1-0 atas De Godenzonen saat itu. Meski Ajax kalah, sepak bola menyerang mereka membuat manajer asal Jerman ini kagum.

“Hal ini murni karena alasan personal. Anda membayangkan: 'Oke, Anda ingin bermain di stadion ini melawan tim muda yang sangat menarik',” kata Klopp dilansir laman resmi klub.

"Ajax sedikit mengubah filosofi mereka (dan) mendatangkan beberapa pemain berpengalaman. (Daley) Blind, (Dusan) Tadic ada ,(Quincy) Promes, dan (Davy) Klaassen ada di sana. Beberapa pemain yang memulai karier di Ajax telah kembali. Mereka menggabungkannya dengan para pemain muda berbakat,” jelasnya

Ajax akan diuntungkan oleh absennya beberapa pemain The Reds. Meski Klopp mengatakan Liverpool punya sistem yang baik tentang pola permainaan dan rotasi pemain, tetap saja kehilangan pemain inti akan menguras kekuatan The Reds yang sebenarnya.

Sementara tidak ada masalah dari sisi pemain Ajax. Dusan Tadic, Muhamad Kudus, Daley Blind, dan David Neres dalam performa yang baik. Striker mereka, Lassina Traore maupun Klas Jaan Huntelaar, juga bisa dimainkan.

Secara mental, Liverpool juga perlu bangkit. Kekalahan menyakitkan 7-2 dari Aston Villa masih membekas. Di laga terakhir Liga Primer Inggris, the Reds juga gagal menang setelah ditahan 2-2 oleh Everton.

Sementara Ajax tengah berada di jalur yang benar. De Amsterdamer baru saja mencukur Herenveen denga skor telak 5-1. Dusan Tadic dan kolega kini bersaing ketat dengan PSV Eindhoven di puncak klasemen.

Pelatih Ajax, Erik ten Hag bersimpati atas cedera yangm menimpa bek Liverpool Virgil van Dijk.

“Kami berharap dia akan ada di sana karena kami ingin bersaing dengan yang terbaik”, kata Ten Hag. (Goal/OL-1)

BERITA TERKAIT