20 October 2020, 02:05 WIB

Langgar Prokes, Dua THM di Capital Building Ditutup


Yoseph Pencawan | Nusantara

SATGAS Penanganan Covid-19 Mebidang menutup sementara dua tempat hiburan malam (THM) yang berada di Capital Building di Kota Medan karena kedapatan melanggar protokol kesehatan (prokes).

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan, Binjai, Deliserdang (Mebidang) kembali melakukan tindakan tegas terhadap dua tempat hiburan yang kali ini berada di Capital Building, Jalan Putri Hijau Nomor 1A Medan.

"Langkah ini diambil Satgas Covid-19 Mebidang karena kedua tempat hiburan malam tersebut melakukan pelanggaran protokol kesehatan," ujar Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Kolonel Inf Azhar Muliyadi, Senin (19/10).

Ini kedua kalinya Satgas Covid-19 Mebidang merazia di THM di Capital Building. Sebelumnya, Satgas telah mendatangi kedua tempat ini pada 6 Oktober, tetapi ketika dirazia lagi pada Sabtu (17/10) malam, keduanya masih melakukan pelanggaran prokes.

Lantas keduanya pun diberikan sanksi berupa penutupan sementara. Adapun dua tempat hiburan malam yang ditutup adalah Soho yang berada di lantai 2 dan Restrospective di lantai 6, gedung Capital Building.

Kedua tempat hiburan malam ini mendapat sanksi penutupan selama dua minggu. Satgas menilai masih terjadi pelanggaran di sana. Misalnya, dalam satu ruangan yang kecil terdapar orang banyak. "Ini sangat berbahaya dalam penyebaran Covid-19 sehingga kita memutuskan menutupnya," kata Azhar.

Satgas Covid-19 Mebidang yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Parisiwata Pemkot Medan dan Humas Pemprov Sumut juga membubarkan pengunjung hiburan malam di Capital Building.

Azhar mengaku cukup kecewa dengan apa yang didapati satgas di kedua tempat hiburan malam tersebut.

Satgas sudah menerima permintaan dari masyarakat untuk menutup Capital Building. Namun baru ini satgas melihat langsung dan mendapat alasan kuat untuk melakukan penutupan.  "Orang-orang penuh di ruangan yang kecil, tidak pakai masker, itu sangat berbahaya," cetus Azhar lagi.

Terpisah, Pengelola Soho Andi mengatakan, pihaknya menerima kesalahan mereka melanggar prokes Covid-19 dan berjanji akan memperbaikinya ke depan.

Selain ke Capital Building, dalam dua hari terakhir satgas juga melakukan operasi yustisi ke beberapa tempat lain. Antara lain Durian Sibolang dan Krypton di Jalan Iskandar Muda, serta Hotel Sibayak di Jalan Nibung Raya.

Kemudian Urban Club di Jalan Imam Bonjol, Foodpoint dan Mie Aceh Aulia di Jalan Sakti Lubis, serta Electra di Komplek Central Bussiness District (CBD). Tempat-tempat tersebut kemudian diberikan teguran lisan dan teguran tertulis oleh satgas.

Satgas Mebidang, lanjut Azhar, juga sempat mendatangi kawasan Kesawan di Jalan Jendral Ahmad Yani dan menindak 23 orang dengan sanksi fisik dan non fisik. (OL-13)

Baca Juga: Langgar Prokes Kesehatan, Perwira Polisi Dicopot Jabatannya

BERITA TERKAIT