19 October 2020, 23:00 WIB

Cak Machfud Ikrar Prioritaskan Pamurbaya dan Surat Ijo


mediaindonesia.com | Pilkada

CALON Walikota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin, berkomitmen menyelesaikan berbagai persoalan di tengah masyarakat Kota Pahlawan. Di antaranya adalah persoalan lahan konservasi Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) dan Surat Ijo.

"Pamurbaya akan kita selesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Termasuk surat ijo," ujar Cak Machfud, Senin (19/10).

Lebih lanjut, pria kelahiran Ketintang ini tidak ingin warga dipersulit. Seperti halnya lahan konservasi Pamurbaya, yang mana warga tidak bisa mencari penghasilan di lahan ini setelah ditetapkan menjadi lahan konservasi.

Padahal terdapat warga yang telah menetap lama di wilayah tersebut. Contohnya, warga tidak bisa mengambil batang pohon di lahan tersebut karena lahan konservasi.

Sebelum ditetapkan menjadi lahan konservasi, juga terdapat sebuah perumahan. Terhitung terdapat 600 kavling dan 116 sudah dihuni oleh warga. Di lahan ini warga tidak bisa melakukan pembangunan dan ataupun memperbaiki rumah.

Dengan kata lain warga terkekang. Warga juga tidak bisa mendirikan usaha untuk mencari penghasilan lain karena bertempat tinggal di lahan konservasi.

"Jangan warga dipersulit, apa yang mengusik warga saya akan berada paling depan untuk menyelesaikan," tegas Cak Machfud.

Sementara itu, persoalan Surat Ijo juga menjadi beban warga. Warga terpaksa membayar pajak bumi dan bangunan serta retribusi.

Terkait persoalan ini, Cak Machfud akan memperjuangkan agar status surat tanah bisa dimiliki oleh warga. Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf ini menyatakan akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk menyelesaikan persoalan surat ijo.

"Pihak kementerian telah berkomitmen, jangankan surat ijo, surat merah juga akan diselesaikan. Jika saya diberikan amanah menjadi Walikota Surabaya ini pasti akan saya perjuangkan hingga selesai agar warga bisa sejahtera dan bahagia, yang terpenting adalah warga Kota Surabaya bahagia," pungkas Cak Machfud. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Kejagung Bela Kejari Jamuan Makan Kajari Jaksel

BERITA TERKAIT