19 October 2020, 22:16 WIB

Cilacap Diterjang Banjir dan Longsor


Lilik Darmawan | Nusantara

BENCANA banjir dan longsor menerjang sejumlah desa di Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) pada Senin (19/10). Bencana banjir terjadi di Desa Sawangan dan Brebeg, sedangkan longsor terjadi di Desa Jambusari dan Prapagan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daetah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengungkapkan bencana banjir dan longsor yang terjadi di empat desa di Kecamatan Jeruklegi dipicu oleh hujan deras.

‘’Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir dan longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Meski skalanya masih kecil, kami mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap kemungkinan bencana susulan yang dipicu hujan deras,’’¬Ěkata Tri Komara pada Senin (19/10).

Baca juga : Atasi Pandemi, Pendidikan Tinggi Didesak Implementasikan Tri Dharm

Bencana banjir di Desa Sawangan terjadi di jembatan Sungai Brokeh yuang meluap, sehingga menggenangi akses jalan ke arah Kecamatan Kawunganten. Sementara banjir yang terjadi di Desa Brebeg membuat akses jalan juga terhambat. Untuk bencana longsor di Desa Jambusari terjadi juga akibat hujan deras. Tanah longsor sempat menutup sebagian jalan nasional, bahkan membuat mobil tergelincir dan masuk ke sawah. Sementara longsor di Desa Prapagan mengakibatkan sebuah rumah mengalami kerusakan. Warga telah beberja bakti untuk membersihkan longsoran.

Tri Komara mengingatkan bahwa dengan datangnya musim penghujan, maka masyarakat terutama di wilayah rawan bencana untuk waspada. Pasalnya, dengan curah hujan tinggi, maka dapat memicu terjadinya bencana seperti banjir dan longsor. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT