19 October 2020, 10:07 WIB

Mir Bawa Suzuki Puncaki Klasemen MotoGP Setelah 20 Tahun


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Suzuki Ecstar Joan Mir berhasil memimpin klasemen sementara MotoGP 2020 setelah penampilan gemilangnya di Grand Prix Aragon.

Finis di urutan ketiga dengan jarak waktu 2,644 detik dari posisi puncak, Mir berhasil menggeser Fabio Quartararo ke peringkat dua klasemen dengan selisih enam angka.

Mir menjadi pembalap Suzuki pertama yang memimpin perolehan poin klasemen sejak 20 tahun lalu. Kala itu, Kenny Roberts Jr membawa pabrikan Hamamatsu itu ke puncak pada 2000.

Baca juga: Naik Podium Secara Beruntun, Alex Marquez Buktikan Diri

"Ini adalah akhir pekan yang positif karena kami mencetak poin penting untuk kejuaraan," ucap Mir. "Tapi saya sedikit kecewa karena saya mengharapkan dapat hasil lebih saat bagian akhir balapan. Saya menghemat ban agar dapat mengendarai dengan mulus sampai setengah balapan."

"Saya mendapat masalah dalam sisi kiri ban soft dengan temperatur seperti ini dan berada di belakang kami memiliki sejumlah masalah. Kami gagal tampil baik, bagimana menggunakan ban, itu masalahnya. Tapi aku senang bisa kembali di sini," jelasnya.

Rekan setim Mir, Alex Rins berhasil menjadi yang tercepat pada seri balapan kali ini, membuat fan MotoGP menyaksikan delapan pemenang yang berbeda setelah sepuluh seri digelar pada musim ini.

Rookie Repsol Honda Alex Marquez kembali tampil luar biasa di seri balapan kali ini. Marquez sukses finis di urutan kedua untuk mempertahankan podium, setelah sebelumnya di GP Prancis ia juga berhasil meraih podium untuk pertama kali.

"Dia (Alex Marquez) sangat cepat dan melakukan pekerjaan dengan baik. Ketika dia melewati saya, saya menyadari bahwa saya tidak punya kesempatan untuk menolaknya. Dia membalapku di saat yang tepat. Saya pikir dia bahkan bisa memenangkan balapan," sebut Mir.

Pemimpin klasemen sementara pekan lalu, Fabio Quartararo tampil mengecewakan pada balapan kali ini. Ia harus menelan pil pahit dengan finis di posisi 18 dan tidak mendapatkan poin, memaksanya terlempar dari puncak klasemen.

Kini, saat empat seri balapan tersisa, Mir yang awalnya defisit 10 poin dari Quartararo, unggul enam poin di puncak klasemen. Pembalap Spanyol itu pun mengatakan akan mencoba terus mengumpulkan poin untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020

"Saya akan mencoba terus seperti ini. Saya akan melakukan balapan demi balapan seperti ini dan mencoba mendapatkan poin sebanyak mungkin. Saya ingin memenangkan setiap balapan dan pada akhirnya kita akan melihat posisi mana yang akan saya duduki," tukasnya. (Speedweek/OL-1)

BERITA TERKAIT