19 October 2020, 09:11 WIB

Debut Bale Dirusak West Ham


Akmal Fauzi | Sepak Bola

DEBUT Gareth Bale di Tottenham Hotspur saat melawan West Ham United, Minggu (18/10), tidak berujung manis. Sempat unggul tiga gol, Spurs dipaksa bermain imbang 3-3 oleh The Hammers dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris.

Seluruh gol balasan West Ham tercipta di sepuluh menit terakhir pertandingan, termasuk gol penyama nan cantik dari Manuel Lanzini di masa injury time.

Bale, yang didatangkan dari Real Madrid, dimasukkan sebagai pemain pengganti pada menit ke-72, dan harus menandai debut keduanya di Spurs dengan hasil imbang.

Baca juga: Spurs Ditahan West Ham, Mourinho Tuding Pemainnya Lemah Mental

Pemain asal Korea Selatan Son Heung-min membawa Spurs unggul 1-0 saat pertandingan berjalan satu menit. Menerima assist dari Harry Kane, Son melakukan tembakan melalui kaki kanannya hingga bola masuk ke gawang West Ham.

Dikagetkan dengan gol cepat Son, West Ham mencoba membalas melalui beberapa kali percobaan dari Michail Antonio dan Aaron Cresswell. Namun, usaha mereka selalu gagal.

Gawang mereka justru kembali kebobolan pada menit kedelapan oleh Kane lewat tembakan kaki kanan dari luar kotak pinalti. Ia menerima umpan terobosan dari Son.

Kane kembali mencetak gol pada menit ke-16 melalui sundulan. Ia memanfaatkan umpan silang Sergio Reguilon. Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan.

Selepas jeda, Spurs cenderung mengendurkan serangan dan jarang terlihat aksi eksplosif dari Kane maupun Son. Justru West Ham yang mendominasi serangan di awal babak kedua.

Bale kemudian masuk ke lapangan untuk menandai laga pertamanya untuk Spurs. Sentuhan pertamanya merupakan tendangan bebas yang masih bisa ditangkap Fabianski.

West Ham mendadak meledak di 10 menit terakhir. Tandukan Fabian Balbuena menyambut tendangan bebas Aaron Cresswell memperkecil ketertinggalan.

Lalu, tiga menit berselang, Davinson Sanchez membuat gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan silang Vladimir Coufal untuk mengubah skor menjadi 3-2.

Bale hampir mencetak gol ketika Spurs melancarkan serangan balik di menit ke-90, tapi tembakan kaki kirinya masih melenceng dari gawang Fabianski.

Lantas, di masa injury time, terjadilah puncak drama pertandingan ini. West Ham mendapat bola mati tapi gagal dibuang sempurna pertahanan Spurs. Di situlah Mannuel Lanzini muncul dan melepaskan tembakan jarak jauh untuk menyamakan skor.

Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho mengatakan timnya lemah secara mental khsusunya di babak kedua.

“Inilah sepak bola. Tentu saja saya harus menganalisis babak kedua dan harus melakukan perubahan secara internal, tetapi bagi Anda, saya lebih suka mengatakan sepak bola terjadi, dan memuji kegigihan West Ham," kata Mourinho.

“Tidak mudah bagi yang kalah 3-0 dan didominasi, untuk terus menjaga kepercayaan. Saya tahu mereka adalah tim yang berbeda dengan musim lalu, tetapi kehilangan keunggulan tiga gol adalah hukuman besar dan pada akhirnya kami pantas mendapatkannya. Inilah sepak bola, kami bisa unggul 3-0 lalu disamakan 3-3,” lanjutnya.

Saat ditanya wartawan soal debut Bale apakah mengganggu ritme tim, Mourinho membantah.

“Saya tidak berpikir begitu, sejujurnya saya tidak berpikir demikian. Keputusan untuk tidak menjadikannya sebagai starter menurut saya keputusan yang bagus," kata Mourinho.

“Dia diterima dengan sangat baik di grup. Semua orang menyukainya, dan saya yakin dia juga menyukai apa yang dia temukan di sini. Jadi semuanya positif dan fokus bukan pada dia. Fokusnya ada pada permainan dan dia berada di bangku cadangan selama 65 menit,” tambahnya. (Skysports/OL-1)

BERITA TERKAIT