19 October 2020, 03:45 WIB

Ada Mobilisasi Massa di Tengah Pilkada


(DY/HS/AD/MS/N-2) | Nusantara

DUA bulan terakhir, 205 warga Kotabaru pindah ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang hendak menggelar pilkada. Jumlah itu tidak pernah terjadi di masa-masa sebelumnya.

"Kami curiga ada mobilisasi massa untuk kepentingan pilkada. Kami berharap hal ini disikapi dengan baik oleh Bawaslu, KPU dan dinas pendudukan untuk menghindari potensi terjadinya kecurangan pada pilkada," papar Syaprudin Laupe, Koordinator Relawan Sahabat Muda, yang berada di belakang pasangan calon Syafruddin H Maming-M Alpiya Rakhman, kemarin.

Saat dimintai konfirmasi, Plt Kepala Dinas Kependudukan Kotabaru Said Rijani mengakuinya. "Tapi, warga yang pindah sudah memenuhi persyaratan administrasi yang lengkap."

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan Tanah Bumbu, Eka Saprudin, menyebut dalam sehari sebanyak 15-20 warga pindah ke wilayahnya.

Kemarin, Barisan Kader Gus Dur mulai memanaskan proses Pilkada Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka mendeklarasikan diri berada di belakang pasangan Kelana Aprilianto-Dwi Astutik. "Kami tidak hanya mendukung. Barikade Gus Dur juga akan membantu upaya pemenangan pasangan Kelana-Dwi," tegas Ketua Barikade, M Irfan.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, kader PKB terbelah. Sebagian mendukung mantan ketuanya, Haris Sanjaya yang maju diusung Gerindra-Demokrat. Adapun DPP PKB mendukung pasangan Iwan Saputra-Lip Miftahul. (DY/HS/AD/MS/N-2)

BERITA TERKAIT