19 October 2020, 04:15 WIB

Kerja Keras belum Tuntas


FAISHOL TASELAN | Nusantara

LAYAKNYA perlombaan, Jawa Timur mendorong penanganan pandemi dari banyak lini. Selain memperketat penerapan protokol kesehatan, Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga memilih aktif melakukan pelacakan dan tes masif.

“Kami serius terus mengurangi jumlah warga yang terpapar covid-19. Salah satunya dengan tes cepat, yang sudah kami lakukan tembus lebih dari 1 juta kali,” ujarnya, di Surabaya, kemarin.

Dari jumlah itu, ditemukan 84.436 kasus yang reaktif. Ketika ditindaklanjuti dengan tes usap, 15.247 di antaranya positif terjangkit.

Upaya agresif itu, lanjut dia, telah membantu penurunan angka penularan baru. Saat ini, kasus aktif covid-19 di provinsi ini tinggal 5,56%. Meski tren penanganan pandemi mulai menunjukkan hasil
menggembirakan, Khofifah tetap mengingatkan warganya untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Jatim sudah bebas dari zona merah. Tapi, jangan sampai kendur mematuhi protokol kesehatan.”

Di Sumatra Selatan, Satuan Polisi Pamong Praja Musi Banyuasin juga tidak pernah lelah menggelar razia penegakan protokol kesehatan. “Bupati terus menyemangati kami untuk tidak kendur mengajak
warga mematuhi protokol kesehatan,” kata Kepala Satpol PP Haryadi.

Banyuasin ini memang harus bekerja keras. Pasalnya, dalam beberapa pekan terakhir, Satgas Covid-19 pusat menetapkan daerah ini sebagai zona merah.

“Kondisi ini harus disikapi dengan sinergi semua pemangku kepentingan, hingga perangkat desa. Kita patuhi protokol kesehatan dengan maksimal,” tambah Sekretaris Daerah Apriyadi.

Kalimantan Tengah


Operasi yustisi juga jadi pilihan Polda Kalimantan Tengah. Setiap hari menggelar razia, setiap hari juga tim mendapati warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama tidak menggunakan masker di tempat umum.

“Penertiban akan terus kami lakukan, demi mendisiplinkan masyarakat, sekaligus menekan angka penyebaran covid-19,” tekad Ajun Komisaris Besar Rian Tohari, Ketua Tim 2 Operasi Yustisi Kalimantan Tengah.

Sasaran operasi diutamakan di pertokoaan, rumah makan, dan tempat rekreasi warga. “Ada sanksi yang kami terapkan untuk membuat pelanggar jera, pemberian masker cuma-cuma, dan tentu saja nasihat untuk tidak abai,” tambah Rian.

Di tengah pandemi, Fadeli juga masih berkeliling ke sejumlah desa untuk mengajak warga menaati protokol kesehatan. Bupati Lamongan, Jawa Timur, itu, mengajak warga yang tergabung dalam
Badan Permusyawaratan Desa menjadi pelopor untuk memasyarakatkan protokol kesehatan.

Dari sejumlah daerah, kabar baik terus berembus, kemarin. Meski covid-19 masih mewabah, angka kesembuhan tetap menerbitkan asa. “Minggu ini, jumlah pasien sembuh lebih banyak daripada
pasien baru. Ini sangat memotivasi kami untuk bekerja lebih keras, mendisiplinkan warga menjalankan protokol kesehatan,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno.

Jumlah pasien covid-19 di provinsi ini mencapai 499 orang, 430 di antaranya atau 86,2% sudah dinyatakan sembuh. (DW/SS/YK/RF/JS/RS/LD/N-3)

BERITA TERKAIT