19 October 2020, 03:15 WIB

Greta Thunberg Sumbangkan Pendapatan dari Film Dokumenter


MI | Humaniora

AKTIVIS perubahan iklim Greta Thunberg, 17, memang sosok remaja langka. Ketika film dokumenternya berjudul I Am Greta resmi tayang di sejumlah negara, ia tidak tenggelam dalam euforia kesuksesan yang diraihnya.

Person of the Year 2019 majalah Time dan dikenal lewat pemogokan sekolah untuk perubahan iklimnya itu menyatakan tak mau menerima sepeser pun dari hasil penayangan film itu. Ia justru memberikannya untuk yayasan lingkungan yang dimilikinya.

‘Aku tidak akan menerima pembayaran apa pun untuk ini. B-Reel Films akan mendedikasikan sebagian dari pendapatan film untuk yayasanku dan juga didonasikan untuk mengorganisi dan membuat proyek untuk mendukung dunia yang berkelanjutan, mempertahan alam, dan mendukung orang yang mengalami dampak terburuk iklim dan krisis ekologi’, tulis gadis kelahiran Swedia itu di akun Instagram-nya, Sabtu (17/10).

Film I Am Greta tayang pertama kali di Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Belgia, Luksemburg, Belanda, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Italia dan Meksiko menyusul. Pada Agustus 2018, Greta memilih bolos sekolah untuk melakukan protes Friday for Future di luar gedung parlemen Swedia, menuntut tindakan nyata untuk menghadapi perubahan iklim. Aksi itu dilakukannya secara kontinu dan memantik remaja lainnya di seluruh dunia untuk melakukan hal yang sama. (H-2)

BERITA TERKAIT