19 October 2020, 00:55 WIB

Perenang Nasional akan Latihan di Negeri Kanguru


MI | Olahraga

PERSATUAN Renang Seluruh Indonesia (PRSI) berencana untuk menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Australia pada awal 2021.

Langkah itu diambil untuk mempersiapkan atlet-atletnya menuju Olimpiade yang akan berlangsung pada tahun depan di Tokyo, Jepang. “Pelatnas cabang olahraga renang mempersiapkan atletnya untuk mengejar target limit A, yakni sebagai persyaratan seorang atlet renang untuk dapat mengikuti Olimpiade,” kata Ketua Umum PRSI Anindya Novyan Bakrie dalam keterangannya belum lama ini.

“Pada awal 2021 diharapkan para atlet bisa berlatih dan melakukan pemusatan latihan di luar negeri khususnya Australia. Jika keadaan memungkinkan tentunya,” imbuhnya.

Anindya mengungkapkan alasan pihaknya memilih ‘Negeri Kanguru’ sebagai lokasi pelatnas karena negara tersebut memiliki tingkat kompetisi yang tinggi sehingga para atlet mempunyai kesempatan merasakan kualitas pelatihan kelas dunia. 

“Kenapa Australia yang dipilih, selain jaraknya dekat, level of competition di Australia sangat tinggi dan berkualitas dunia untuk olahraga akuatik sehingga cocok untuk persiapan para atlet agar mereka bisa mempersiapkan, world class training dan competition selama berada di Australia,” jelasnya.

“Selain itu, ajang kualifikasi Olimpiade juga banyak digelar di Australia, mengingat banyak atlet dunia yang berlatih
di sana untuk persiapan,” kata Anindya lagi.

Selain mempersiapkan atlet menuju Olimpiade, Anindya juga mengatakan pihaknya tengah membidik sejumlah junior untuk bertanding di SEA Games 2021. Ajang dua tahunan itu rencananya akan berlangsung di Vietnam.

“Kami Mendukung kebijakan Menteri Pemuda dan Olahraga untuk pembinaan usia muda, pada SEA Games nanti kami akan utamakan
atlet berusia muda yang akan turun bertanding sehingga nantinya ada atlet pelapis yang diharapkan dapat menjadi tulang punggung persiapan event besar selanjutnya,” ucapnya. (Rif/R-3)
 

BERITA TERKAIT