19 October 2020, 00:10 WIB

Koeman Minta Dihormati


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

RONALD Koeman menelan kekalahan pertamanya sebagai pelatih Barcelona, kemarin dini hari WIB. Barcelona kalah 0-1 dari Getafe dalam laga lanjutan La Liga di Coliseum Alfonso Perez.

Gol yang dicetak Jaime Mata pada menit ke-56 tidak mampu dibalas hingga babak kedua berakhir. Koeman mengaku kecewa ketika laga usai, tetapi penyebabnya bukan lantaran Lionel Messi dkk gagal meraih tiga poin. 

Dia mengungkapkan diperlakukan kurang hormat oleh bek Getafe, Allan Nyom. Pemain asal Prancis itu diklaim Koeman telah menghinanya. “Saya mengatakan kepadanya (pelatih Getafe Jose Bordalas) bahwa pemain nomor 12-nya (Nyom) telah menunjukkan rasa kurang hormat kepada saya, ia telah mengatakan dua atau tiga hal yang sangat buruk kepada saya yang tidak akan saya ulangi. Ia menghina saya,” kata Koeman yang tidak merinci apa hinaan itu.

“Saya memberi tahu Bordalas bahwa ia perlu berbicara dengan pemainnya karena kami tidak bisa menoleransi perilaku seperti itu dalam sepak bola modern,” sambung dia. Tak lama setelah itu, Bordalas merespons dan mengatakan ia ragu pemainnya tersebut melakukan apa yang disebut Koeman. Bordalas juga menegaskan tidak mau membahas hal-hal yang berbau
kontroversi.

“Saya belum berbicara dengan Nyom, saya akan berbicara dengannya, saya akan melakukannya besok, tetapi saya ragu Nyom melakukan itu, saya mengenalnya dengan baik,” kata Bordalas.

Menurut dia, pemain yang disinggung Koeman ialah orang yang penuh rasa hormat. “Saya tidak mengizinkan perilaku buruk di antara para pemain saya dan saya ragu Nyom menghinanya (Koeman),” kata Bordalas lagi.

Nyom, kemarin, menjadi pemain yang paling banyak melakukan pelanggaran sepanjang laga hingga delapan kali. Dia juga terlibat insiden dengan Ansu Fati saat jatuh di kotak penalti. Fati meminta tendangan penalti akibat dijatuhkan Nyom, tetapi ia justru marah kepada Fati yang sedang terkapar.

Adapun Barcelona setelah kalah dari Getafe, hingga berita ini diturunkan, bertengger di peringkat kesembilan di klasemen La Liga dengan tujuh poin setelah bermain empat pekan. Sementara itu, Getafe ada di peringkat kedua dengan 10 poin yang didapat dari lima pekan yang sudah dijalani.


Baru dimulai

Manchester United berhasil meraih kemenangan 4-1 saat bertandang ke St James Park yang merupakan markas Newcastle United, kemarin dini hari WIB. 

‘Setan Merah’ meraih poin penuh berkat dua gol yang disumbangkan Bruno Fernandes, dan sepasang gol dari Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka. Sementara itu, gol tunggal tuan rumah didapat dari gol bunuh diri Luke Shaw.

Hasil pertandingan itu membuat manajer United Ole Gunnar Solskjaer mengatakan musim yang baru untuk timnya baru dimulai kemarin.  “Musim yang baru dimulai hari ini (kemarin). Kami datang dengan kecepatan yang tinggi dan sudah ditunjukkan,” kata Solskjaer.

Dalam pertandingan, kemarin, Solskjaer terlihat melakukan perombakan terhadap susunan pemainnya demi menghindari kekalahan yang memalukan seperti ketika dihantam 1-6 oleh Tottenham Hotspur, dua pekan lalu.

Eric Bailly, Nemanja Matic, Paul Pogba, Mason Greenwood, dan Anthony Martial diganti Victor Lindelof, Scott McTominay, Fred, Daniel James, dan Juan Mata. Kelimanya diperkirakan akan tetap dipertahankan ketika United menjamu Chelsea di Old Trafford, pada Sabtu (24/10). (AFP/R-3)
 

BERITA TERKAIT