18 October 2020, 20:15 WIB

Jalani Isolasi Mandiri, the Doctor Absen di MotoGP Teruel


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MONSTER Energy Yamaha secara resmi mengumumkan pembalapnya Valentino Rossi  absen pada turnamen MotoGP Teruel, yang dijadwalkan bergulir pada Minggu, (25/10) di Sirkuit Aragon.

Absennya The Doctor julukan untuk Rossi, diketahu karena sang pembalap dinyatakan positif terpapar virus covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari.

"Sesuai keputusan Presiden Dewan Menteri Italia yang dikeluarkan pada selasa 13 Oktober 2020, Rossi tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara balapan minggu depan (23-25 Oktober)," tulis pernyataan resmi tersebut dilansir dari laman resmi Yamaha, Minggu (18/10).

"Tindakan covid-19 Italia mewajibkan siapa pun yang dites covid-19 dan mendapatkan hasil positif harus berada dalam isolasi mandiri selama 10 hari terhitung sejak saat pengujian," sambungnya.

"Sebelum kembali menjalani kehidupan normal, ia perlu melakukan tes PCR lebih lanjut dan mendapatkan hasil negatif," tegasnya.

Atas alasan tersebut, The Doctor diperkirakan baru akan kembali bertanding di Gran Premio de Europa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 6-8 November mendatang.

Yamaha juga mengungkapkan, selama absennya Rossi dalam dua balapan di Aragon mereka telah memutuskan utuk tidak mencari pembalap pengganti pada kedua balapan tersebut. Yang artinya Maverick Vinales akan berlaga sendiri untuk membela Monster Energy Yamaha di GP Aragon dan GP Teruel.

Baca Juga: BMW On Tour Mudahkan Masyarakat Memiliki BMW Baru

"Yamaha dengan hati-hati mempertimbangkan pilihan mereka dan memutuskan untuk tidak memasukkan pembalap pengganti untuk menggantikan Rossi di GP Teruel mendatang," jelas Yamaha.

"Keputusan ini didasarkan untuk mengurangi tingkat stres pada anggota proyek MotoGP Yamaha, karena harus beradaptasi dengan pembalap baru," sambungnya.

Tidak dicarikannya pembalap pengganti menurut Yamaha juga karena, berdasarkan regulasi FIM World Championship Grand Prix pasal 1.11.3.ii. menyatakan tim baru bisa mengganti pembalapnya jika telah lebih dari 10 hari mengumumkan cedera.

"Setiap tim harus melakukan segala upaya yang wajar untuk menyediakan pengendara pengganti yang memenuhi syarat dan memenuhi kewajiban masuk mereka dalam waktu 10 hari setelah penarikan," tulis regulasi tersebut.

Artinya hal itu tidak memungkinkan untuk dilakukan, di mana batas waktu 10 hari akan tercapai pada 26 Oktober, satu hari setelah digelarnya balapan MotoGP Teruel.

"Selama GP Teruel minggu depan, Monster Energy Yamaha akan sepenuhnya memfokuskan upaya untuk mendukung Maverick Vinales," tukasnya. (OL-13)

Baca Juga: MotoGP Ungkap Kasus Pertama Covid-19 di Paddock

BERITA TERKAIT