18 October 2020, 17:21 WIB

Survei, Trust Publik ke Jokowi Tinggi


Insi Nantika Jelita | Humaniora

LEMBAGA Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan, tingkat kepercayaan atau trust publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinggi diangka 60% per September 2020.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menanggapi, bahwa selama ini kebijakan yang dibuat pemerintah berpihak kepada masyarakat. Hak itu terlihat dari berbagai aspek.

"Pak Jokowi betul-betul berpihak pada masyarakat. Antara kepentingan ekonomi dan kesehatan saling terikat. Misalnya, keberpihakan dan langkah afirmasi kepada UMKM dan koporasi ini sungguh-sungguh dilakukan oleh pemerintah," ungkap Johnny dalam tayangan Youtube Indikator Politik Indonesia, Minggu (18/10).

Soal lainnya yang dianggap berpihak kepada masyarakat ialah sektor lapangan kerja. Dengan adanya Undang-Undang Cipta Kerja, Johnny menyatakan pemerintah berambisi menciptakan lapangan kerja yang luas dan mengurangi angka pengangguran.

Baca juga : 60% Masyarakat Minta Pemerintah Prioritaskan Kesehatan

"Masalah tenaga kerja, tidak bisa pungkiri piramida pendidikan kita 70%-80% (pendidikan) SMA ke bawah dan 39% ke bawah ialah lulusan SD. Lapangan pekerjaan apa yang harus disiapkan dengan portet pendidikan begini dan skill ga jauh dari potret pendidikannya? Makanya Pak Jokowi bilang UU Ciptaker mendorong lapangan pekerjaan baru," jelas Politikus NasDem itu.

Selain itu, Johnny menyebut pemerintah juga memperhatikan konsumsi dan pangan untuk mengantisipasi bencana La Nina yang diprediksi muncul di akhir tahun

"Pemerintah juga memperhatikan sisi konsumsi dan pangan. Pak Jokowi melihat masalah pangan serius karena masuk musim hujan sampai gagal tanam dan panen. Pemerintah menilai supply pangan begitu penting jangan sampai bermasalah," kata Johnny.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan, adanya tingkat kepercayaan publik yang tinggi terhadap Jokowi karena program seperti bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) dianggap positif oleh masyarakat.

"Kepuasan ini naik ketimbang pada Mei sekitar 50%, karena tidak lepas dari program bansos dan program stimulus lain. Saat ini Trust terhadap presiden dalam menangani Covid-19 masih lumayan, yang mengatakan cukup percaya dan sangat percaya itu 60," kata Burhanuddin. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT