18 October 2020, 17:15 WIB

Jelang Pilkada Disdukcapil Denpasar Siap Jemput Pelangi


Ruta Suryana | Nusantara

UPAYA memaksimalkan pemenuhan administrasi kependudukan, Disdukcapil Kota Denpasar kembali menggencarkan Program Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi (Pelangi). Kegiatan yang digelar rutin secara bergiliran di setiap desa/kelurahan, giliran pada Minggu (18/10) dilaksanakan di Kelurahan Pemogan, Denpasar Selatan.

Kadisdukcapil Kota Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrata mengatakan pada kegiatan itu ada 24 orang yang melaksanakan perekaman KTP-e, dan pencetakan 25 KTP-e.

"Program Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi (Pelangi) ini terus  digencarkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini  mengingat masih ada masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan khususnya masyarakat yang usia 17 tahun yang baru akan memiliki e-KTP," jelasnya saat dikonfirmasi Minggu (18/10).

Upaya memaksimalkan kelengkapan administrasi kependudukan ini juga berkaitan dengan adanya gelaran Pilkada di Kota Denpasar yang mewajibkan pemilih untuk mengantongi KTP-e.

"Sesuai hasil koordinasi dengan KPU bahwa pemilih wajib memiliki KTP-e, karena jika tidak, maka yang bersangkutan tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Jadi kami mengajak masyarakat yang belum melaksanakan perekaman untuk pro aktif yang didukung dengan program Jemput Bola di desa/kelurahan," ajaknya.

Rencananya kegiatan jemput bola ini akan dilaksanakan hingga 8 Desember mendatang. Selain itu, perekaman juga dapat dilaksanakan secara mandiri pada hari kerja di beberapa titik, seperti di Gedung Graha Sewaka Dharma, dan di masing-masing kantor Kecamatan.

Sejak diterapkan sistem Jemput Bola Pelangi pada 10 Oktober lalu, sedikitnya sudah ada sebanyak 312 orang yang melakukan perekaman KTP-e. (OL-13).

Baca Juga: Kemendagri Beri Lampu Hijau Sanksi Protokol Covid Diperberat

BERITA TERKAIT