17 October 2020, 23:24 WIB

Sambut Hari Pangan, Rara Sekar Ciptakan Lagu buat Petani Perempuan


Retno Hemawati | Hiburan

Musisi Rara Sekar punya cara khusus dalam merayakan Hari Pangan se Dunia yang jatuh pada 16 Oktober lalu. Kakak dari Isyana Sarasvati ini menciptakan lagu buat petani perempuan sebagai upaya memberikan sokongan positif.

“Perempuan itu punya kekuatan yang sangat besar. Perempuan itu memiliki karakter merawat, mengasihi dan itu menjadi energi yang sangat dibutuhkan pada saat ini, khususnya di dalam sektor pertanian,” kata Rara saat tampil di acara Konser Virtual: Lagu untuk Negeri Agraris yang digelar oleh Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP), Sabtu (17/10).

Lagu untuk petani perempuan itu diberinya judul Perempuan. Selain itu lagi, Rara juga memberikan dedikasi yang teramat dalam kepada para perempuan dan petani lewat lagu berjudul Apati.

Selain mempersembahkan lagu, Rara yang kini aktif mengembangkan urban farming, mengapresiasi para petani yang tidak pernah lelah menjalankan aktivitasnya. Ia mengaku sudah pernah mencoba menanam jagung dan sejumlah sayuran. Dari hasil bercocok tanam tersebut, alumnus S2 Cultural Anthropology di Victoria University of Wellington, Selandia Baru, ini merasakan betapa sulitnya menjadi petani.

“Aku belum pernah tanam padi, baru jagung tapi itu juga masih belum berhasil. Ternyata susah sekali dan banyak tantangannya. Jadi salut buat petani yang terus berjuang dalam keahlian dan bidangnya di pertanian ini,” katanya.

Selain menghadirkan Rara Sekar, konser virtual ini menampilkan juga grup Akar Bambu. Grup ini menyuguhkan juga sejumlah repertoar reflektif yang berisi tentang nasib pertanian masa kini. Di antaranya ada lagu Sudiman Sujono, Land of Hope, serta Surga Dimana. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT