17 October 2020, 19:27 WIB

Dinas SDA DKI Siapkan Pompa untuk Kurangi Potensi Banjir


Hilda Julaika | Megapolitan

SEKRETARIS Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Dudi Gardesi Asikin mengatakan sudah menyiapkan pompa-pompa air untuk mengantisipasi genangan air karena hujan.

Ia mengatakan sebaran pompa ini merata di seluruh wilayah Jakarta terutama yang masuk dalam kategori wilayah rentan. Seperti 8 wilayah yang semalam sempat dalam status siaga 3 banjir. Di antaranya, Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Duri Kosambi, Kapuk, Kedaung Kaliangke, Kembangan Utara, Rawa Buaya, dan Semanan.

Baca juga: Penanganan Banjir DKI Dikritik, Wagub Sebut Selalu Ada Progres

‘Seluruh DKI kita tetap awasi. Pompa-pompa ini ada di seluruh Jakarta lewat pos-pos penempatan pompa yang memang sudah ada,” kata Dudi kepada Media Indonesia, Sabtu (17/10).

Menurutnya, daerah yang rentan banjir itu tergantung pada kali-kali yang berperan sebagai pembuangan air. Misalnya, Cengkareng, Pesanggrahan, Angke lama adalah penopang tata air di wilayah Jakarta Barat. Menurut Dudi ketika ada hujan lokal maka pompa akan bekerja di kali-kali tersebut.

“Jadi ketika mereka sedang naik kami tetap siagakan pompa-pompa kita. Kalau di lapangan biasanya kami pasti lihat berdasarkan situasi setempat. Tapi pompa-pompa selalu disiagakan,” jelasnya.

Sebelumnya, Jumat (16/10) malam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan 8 wilayah masih berstatus siaga 3 menghadapi banjir. Lokasi itu ialah Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Duri Kosambi, Kapuk, Kedaung Kaliangke, Kembangan Utara, Rawa Buaya, dan Semanan.

Data tersebut berdasarkan pantauan kenaikan pos pantau Angke Hulu hingga pukul 22.00 WIB. BPBD DKI juga mencatat terdapat 30 wilayah setingkat rukun tetangga (RT) dan 25 ruas jalan tergenang di lima wilayah Jakarta imbas hujan yang mengguyur sejak Jumat petang. (J-2)

BERITA TERKAIT