17 October 2020, 18:15 WIB

Firmino Mandul, Klopp tetap Percaya Diri


Widhoroso | Sepak Bola

PELATIH Liverpool Jurgen Klopp menegaskan tidak ada kekhawatiran atas kurangnya kontribusi gol yang diberikan Roberto Firmino jelang derby melawan Everton, Sabtu (17/10) malam ini. Pemain asal Brasil itu belum mencetak satupun gol dalam lima penampilannya musim ini dan hanya mencatat dua gol dari 24 penampilan terakhirnya untuk The Reds.

Meski demikian dia menyumbang dua gol untuk Brasil dalam kemenangan kualifikasi Piala Dunia atas Peru, Rabu (14/10) dan Klopp mengaku tidak ada keraguan terhadap kemampuan pemain berusia 29 tersebut. “Saya tidak tahu kapan itu akan menjadi masalah untuk saya, ini bahkan bukan masalah," jelasnya.

“Jika saya harus menilai seseorang dalam satu atau dua pertandingan seperti yang kalian lakukan, lalu apa yang akan terjadi? Menurut saya, ini tentang betapa penting dan seberapa berpengaruhnya dia bagi tim. Kami kalah di pertandingan Liga Primer Inggris terakhir tetapi sebelumnya kami memenangkan pertandingan. Firmino tidak mencetak gol, tapi dia sangat berpengaruh dalam tim,” tambah Klopp.

Firmino turut memberikan kontribusi dengan memberikan assist untuk Mohamed Salah di pertandingan terakhir Liverpool saat dibantai 7-2 oleh Aston Villa dan membantu Sadio Mane membukukan gol ketika menghadapi Chelsea. Klopp mengatakan jika kontribusi pemain nomor 9 itu tidak hanya diukur dengan seberapa banyak sumbangan gol yang diberikannya.

“Untuk pemain seperti Firmino, jika dia tidak mencetak gol, Anda akan mulai mengkritiknya. Lalu tiba-tiba Anda bertanya lagi ‘apakah ini Bobby Firmino?’ Ya, memang dia! Saya sedang berlatih ketika dia mencetak dua gol untuk Brasil, dia dalam kondisi prima dan dia akan bermain selama dia bisa,” tegas Klopp.

Klopp harus membuat keputusan apakah Firmino serta pemain Brasil lainnya, Fabinho akan dimainkan melawan Everton. Pasangan itu baru kembali ke Merseyside pertengahan pekan lalu.

Kabar baik lainnya adalah Thiago Alcantara dan Sadio Mane kembali selepas terjangkit Covid-19. Sementara sang kapten, Jordan Henderson sudah kembali ke starting line-up setelah membela Inggris. (Goal/R-1)

 

BERITA TERKAIT