17 October 2020, 17:32 WIB

Cai Changpan Tewas Gantung Diri di Hutan Jasinga


Rahmatul Fajri | Megapolitan

NARAPIDANA warga negara Tiongkok Cai Changpan yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang ditemukan sudah tak bernyawa di sebuah pabrik pembakaran ban di Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (17/10), pukul 10:30 WIB, . Polisi menduga Cai Changpan menyudahi hidupnya dengan cara gantung diri.

"Kami temukan meninggal dunia gantung diri," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Sabtu (17/10).

Yusri menjelaskan saat ini jasad Cai Changpan dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk diotopsi. Pihaknya akan melakukan pendalaman dengan memeriksa sejumlah saksi di tempat kejadian perkara. "Baru kita otopsi. Kita masih memeriksa saksi pada saat penggerebekan," kata Yusri.

Lebih lanjut, Yusri akan menjelaskan dengan rinci saat konferensi pers nantinya. "Mudah-mudahan secepatnya. Kita masih kumpulkan alat bukti dan saksi," kata Yusri.

Yusri mengatakan kedua petugas Lapas tersebut dijerat dengan Pasal 426 KUHP, yakni dengan sengaja membiarkan orang melarikan diri atau dengan sengaja melepaskannya, atau memberi pertolongan pada waktu orang itu dilepaskan atau melarikan diri dengan ancaman 4 tahun penjara.Seperti diketahui, Cai Changpan merupakan narapidana narkoba yang divonis hukuman mati sejak 2017.

Sebelumnya, viral di media sosial video saat Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Chai Changpan lolos pada Senin (14/9) melalui gorong-gorong lapas.

Ia menggali lubang dari dalam sel menuju gorong-gorong itu dengan menggunakan alat yang diduga ia dapatkan dari pembangunan di dalam sel.Polisi mengatakan butuh waktu delapan bulan bagi Chai Changpan untuk menggali lubang sepanjang 30 meter itu untuk bisa kabur dari Lapas. (OL-4)

BERITA TERKAIT