17 October 2020, 17:35 WIB

Timnas U-16 Maksimalkan Persiapan Hadapi Uji Coba Lawan UEA


Widhoroso | Sepak Bola


TIMNAS Indonesia U-16 bakal melakoni dua laga uji coba internasional melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada 21 dan 24 Oktober mendatang. Pelatih Garuda Muda Bima Sakti menyebut ada sejumlah manfaat dari laga tersebut.

Laga kontra UEA merupakan uji coba internasional perdana timnas Indonesia U-16 di tahun ini. Sebelumnya, mereka hanya menjalani pemusatan latihan (TC) dan partai melawan tim lokal. Karena itu, laga uji coba melawan UEA bakal dimaksimalkan timnas Indonesia U-16. Para pemain dituntut mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya.

"Lewat uji coba ini para pemain akan dapat banyak pelajaran bertanding internasional. Ini juga bisa menaikkan mental mereka," kata Bima, Sabtu (17/10).

"Paling tidak kami memiliki gambaran main mereka karena UEA pasti mainnya hampir sama dengan Arab Saudi. Apalagi kemampuan pemain Arab Saudi biasanya bagus-bagus," ujar Bima menambahkan.

Selain itu, Bima menyampaikan sudah menyiapkan komposisi pemain yang dibawanya untuk uji coba tersebut. Hal itu mengacu dari penampilan anak asuhnya selama melaksanakan TC.

Terakhir kali timnas Indonesia U-16, melangsungkan TC pada 20 September sampai 3 Oktober lalu. Sebanyak 30 nama dipanggil untuk mengikut agenda yang dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

"Kami sudah siap untuk melawan UEA. Kami juga sudah menemukan kerangka tim utama. Jadi kami siap berangkat ke UEA," ujar eks pilar Persiba Balikpapan tersebut.

Uji coba kontra UEA merupakan rangkaian persiapan timnas Indonesia U-16 untuk ambil bagian di Piala Asia U-16, tahun depan. Dalam ajang itu, Made Putra Kaicen dan kawan-kawan menempati Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, serta Tiongkok.

Rencananya, timnas Indonesia U-16 bertolak ke UEA pada Senin (19/10). Sebelum terbang, para pemain, ofisial dan tim pelatih bakal lebih menjalani swab test untuk memastikan tidak ada yang terpapar virus corona.

Setelah melakoni dua laga uji coba tersebut timnas Indonesia U-16 kembali ke Tanah Air pada tanggal 25 Oktober 2020. Kemudian mereka melanjutkan TC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang hingga 8 November 2020. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT