17 October 2020, 14:30 WIB

Korps Pasukan Khas TNI AU Harus Siap Hadapi Ancaman Nubika


Irvan Sihombing | Politik dan Hukum

KEPALA Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertekad meningkatkan kemampuan Korpaskhas ke level yang semakin tinggi. Diharapkan korps baret jingga itu semakin berkontribusi bagi bangsa dan menjadi pasukan khusus yang terus disegani di dunia.  

Hal itu disampaikan Marsekal Fadjar saat memimpin upacara peringatan ke-73 Hari Ulang Tahun Korpaskhas (Korps Pasukan Khas) TNI AU di Gedung Auditorium Denma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: Prajurit TNI AU Berjibaku Pertahankan Lanud Adi Soemarno

"Saya berkeinginan untuk membesarkan organisasi dan meningkatkan kemampuan Korpaskhas pada tingkat yang semakin tinggi, korps baret jingga ini harus dapat terus berkontribusi bagi bangsa, serta memiliki kemampuan yang semakin diakui, sebagaimana pasukan khusus lainnya di dunia," kata dia.

Ia menambahkan, Korpaskhas tidak hanya siap menjawab ancaman tugas di masa kini, tetapi juga harus mampu beradaptasi dan mengakuisisi kemampuan dalam menghadapi tantangan masa depan, baik berupa ancaman militer, ancaman non-militer, maupun hibrid.

"Secara khusus, melihat peningkatan spektrum ancaman dan kemajuan teknologi, prajurit Korpaskhas tentu juga harus siap dalam menghadapi ancaman persenjataan nuklir, radiologi, biologi, dan kimia (nubika),” tegas Kasau.

Tekad Kasau untuk meningkatkan kemampuan Korpaskhas sejalan dengan perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Yakni, satuan elite TNI, baik darat, laut, maupun udara, agar disiapkan menghadapi ancaman senjata nubika  di masa depan.

"Di TNI Angkatan Udara, hal tersebut salah satunya disiapkan melalui pengembangan kemampuan di dalam tubuh Korpaskhas," terang Kasau.

Baca juga: Kerahkan Empat Jet Tempur ke Natuna, TNI AU Fokus Patroli

Setelah upacara, dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan kepada 15 prajurit Korpaskhas dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 Korpaskhas, serta video conference kepada prajurit Korpaskhas yang sedang melaksanakan penugasan di Indobatt Lebanon, Satgas Pamrahwan Papua, Satgas Bandara Internasional Pattimura Ambon, dan Satgas pengamanan Kipan C Paskhas di Lhokseumawe. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT