17 October 2020, 14:10 WIB

5 Anggota Polres Bekasi Positif Covid-19 Setelah Kawal Demo


Rahmatul Fajri | Megapolitan

SEBANYAK 5 personel Polres Metro Bekasi dinyatakan positif covid-19, setelah mengawal aksi protes Undang-Undang (UU) Cipta Kerja pada 5-8 Oktober lalu.

Adapun 5 personel diketahui positif covid-19 dari swab test pada 11 Oktober. Kemudian 3 personel lainnya positif covid-19 sebelum mengawal demonstrasi.

"Ada 5 orang, yaitu 3 orang dari Cikarang Barat, 1 orang dari Polsek Serang, 1 orang dari Polsek Muara Gembong setelah demo. Sedangkan 3 orang lainnya pada prademo," ujar Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan saat dikonfirmasi, Sabtu (17/10).

Baca juga: Pemerintah Tahu Dalang Penggerak Demo

Menurut Hendra, risiko penularan covid-19 saat unjuk rasa sulit dihindari. Sebab, banyak yang melepaskan masker karena terbawa suasana.

Selain itu, faktor kelelahan dan imunitas yang menurun juga membuat petugas kepolisian rentan terpapar covid-19.

"Kadang mereka euforia lagi diskusi, tidak pakai masker. Kemudian lagi orasi lepas masker. Sementara polisi harus menjaga. Di situ lah mungkin terkena. Atau polisi dalam keadaan lelah, jadi ada yang imunitasnya menurun," imbuhnya.

Baca juga: Demonstran Jangan Mau Disusupi Kelompok Anti-Kemapanan

Saat ini, sejumlah personel kepolisian yang positif covid-19 tengah menjalani isolasi mandiri. Mereka juga mengalami beberapa gejala covid-19, seperti demam dan kehilangan indra penciuman.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan pihaknya berencana melakukan swab test massal kepada seluruh personel di wilayah hukum Bekasi. Serta, memperketat penerapan protokol kesehatan.

"Untuk Polres kita lakukan protokol kesehatan lebih ketat lagi. Saat ini, belum ada orang yang mengalami gejala khusus. Tapi, rencananya kami lakukan swab massal," tutup Hendra.(OL-11)

BERITA TERKAIT