17 October 2020, 12:25 WIB

Kemenag Terapkan Model Magang Profesional di Kampus Islam


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama menjajaki penerapan model cooperative education atau magang profesional di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Direktur Diktis Kemenag Suyitno mengatakan, program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar siap terjun ke lapangan kerja.

“Program magang professional (co-operative education) penting untuk membekali para mahasiswa mulai akrab dengan pasar tenaga kerja yang sudah teridentifikasi dan dapat memberikan lapangan kerja yang sesuai," kata Suyitno dalam pernyataan tertulis, Sabtu (17/10).

Baca juga: Pemerintah Telah Salurkan BLT Rp3,17 T ke Desa Tanggap Covid-19

Seperti diketahui, tantangan pendidikan tinggi adalah menyiapkan sumber daya manusia/alumni yang siap terjun ke dunia kerja saat ini cukup berat. Oleh karena itu, perlu terobosan dalam model pembelajaran, salah satunya model magang profesional.

Selain itu menurut Suyitno, cooperative education ini sejalan dengan program Kampus merdeka dan Merdeka Belajar yang sedang dalam tahap persiapan di PTKI.

”Para mahasiswa memiliki kebebasan untuk mengambil sejumlah SKS lintas baik prodi bahkan lintas perguruan tinggi," ungkapnya.

Dia menilai, magang di dunia kerja sangat penting, terutama di era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan meniscayakan pola digital dan big data.

“Era ini menjadi tantangan baru dalam mempersiapkan perguruan tinggi yang lebih inovatif sehingga menghasilkan generasi masa depan yang kompeten,” tandasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT