17 October 2020, 11:05 WIB

Covid-19, Belgia Tutup Restoran Hingga Berlakukan Jam Malam


Nur Aivanni | Internasional

BELGIA memerintahkan semua kafe dan restoran tutup selama empat minggu dan memberlakukan aturan jam malam untuk mengatasi peningkatan tajam kasus covid-19.

Langkah-langkah tersebut diumumkan oleh Perdana Menteri Alexander De Croo. Aturan yang akan mulai diberlakukan pada Senin (19/10) itu diambil setelah pertemuan unit krisis pemerintah Belgia.

Belgia yang memiliki sekitar 10.300 kematian dari populasi sebanyak 11,5 juta, salah satu negara yang paling parah terkena dampak di Eropa.

"Minggu demi minggu, angkanya berlipat ganda, melonjak. Itu merupakan peningkatan eksponensial," kata De Croo dalam konferensi pers.

Baca juga: Berpesta Saat Lockdown, Pangeran Belgia Minta Maaf

Wilayah kota Brussel telah memerintahkan bar dan kafe untuk tutup pekan lalu.

Terkait aturan jam malam akan berlangsung mulai tengah malam hingga pukul 05.00 waktu setempat. Pun ada larangan penjualan alkohol setelah pukul 20.00 waktu setempat.

De Croo mengatakan bekerja dari rumah harus menjadi norma. Sementara, teater dan bioskop masih diizinkan untuk buka asal mereka tetap patuh dalam menjaga jarak sosial.

Sebagai informasi, pada Jumat, Belgia mencatat 191.959 kasus covid-19 dan ada 10.327 kematian akibat infeksi tersebut.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT