17 October 2020, 00:35 WIB

Positif Covid-19 Rossi Absen Dua Seri


MI | Olahraga

MUSIM balap Moto-GP 2020 kali ini mungkin bukan musim terbaik bagi pembalap Yamaha Valentino Rossi.

Rentetan hasil buruk dan sejumlah kecelakaan sehingga tidak dapat menyelesaikan balapan membuat pembalap veteran Italia itu tercecer di papan klasemen Moto-GP. Kini menjelang GP Aragon, Spanyol, the Doctor tidak dapat mengikuti balapan lantaran dinyatakan postif covid-19. 

Ini pukulan telak bagi Rossi yang terjatuh di tiga balapan sebelumnya, membuatnya tercecer di peringkat 13 di klasemen pembalap hingga sembilan seri musim ini. 

“Saya sedih dan marah karena saya telah taat mengikuti protokol kesehatan. Terlepas dari itu semua, ini adalah situasi yang harus diterima dan saya tidak dapat melakukan apa pun untuk mengubahnya. Saya sekarang akan mengikuti prosedur kesehatan dan berharap segera kembali sehat,” ungkap Rossi di akun media sosial, kemarin.

Rossi yang harus dikarantina mengikuti sejumlah staf dan mekanik Yamaha serta M1 project leader Takahiro Sumi yang sebelumnya telah dipastikan positif covid-19. The Doctor, juara dunia kelas premium (500 cc/MotoGP) tujuh kali, dipastikan absen pula di seri 11 yang juga dilangsungkan di Sirkuit Motorland, Aragon, 25 Oktober mendatang. 

Selain kian menyulitkan ambisi Rossi meraih podium ke-200 musim ini, kesempatan bersaing menjadi juara dunia pun kian menipis.  Pasalnya, dengan dua kali absen, balapan musim ini tinggal tersisa tiga seri lagi, yakni dua kali di Valencia serta GP Portugal sebagai seri penutup.

Absennya Rossi di dua seri memunculkan nama juara dunia tiga kali Jorge Lorenzo untuk menjadi pembalap pengganti. Lorenzo yang menjadi pembalap penguji Yamaha itu hanya bisa tampil di GP Teruel yang juga dilangsungkan di Sirkut Motorland, Minggu (25/10). (Crash/Dro/R-2)

BERITA TERKAIT