16 October 2020, 21:45 WIB

Relawan Ingatkan Jokowi Dengarkan Suara Akar Rumput


Abdillah M Marzuqi | Politik dan Hukum

KETUA Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer (Noel) menyoroti penangkapan pengurus Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jumhur Hidayat dan Syahganda Nainggolan.

Polri menangkap mereka terkait unjuk rasa RUU Cipta Kerja yang berujung ricuh pada 5 Oktober.

"Kami sesalkan soal insiden penangkapan para aktivis yang prodemokrasi, yakni Jumhur Hidayat dan Syahganda Nainggolan oleh aparat kepolisian,” kata Noel dalam keterangan tertulis, Jumat, (16/10).

Kendati demikian, Noel juga mendukung langkah aparat Polri yang menangkap aktor intelektual dari kerusuhan saat demonstrasi penolakan terhadap disahkannya UU Ciptaker. Untuk itu, perlu diusut tuntas siapa orang yang diduga mendalangi kerusuhan tersebut.

“Polisi juga harus segera mengungkap sumber dananya, darimana itu berasal dan siapa aktor intelektualnya. Kalau itu terjadi, kami apresiasi kinerja Polri,” tandas aktivis 98 itu.

Di sisi lain, Noel mendorong Presiden Joko Widodo agar tidak menjauh dari suara rakyat. Dalam konteks UU Ciptaker, tandasnya, meski beleid tersebut baik secara umum, masih belum sempurna.

"Kalau UU ini bisa mengakomodisi untuk semua. Pastinya baik untuk investasi," tegasnya.

Lebih lanjut Noel berharap Presiden bisa segera melakukan diskusi dengan mahasiswa, buruh serta elemen masyarakat sipil lainnya.

Apalagi, tambah dia, Jokowi sendiri pernah meminta agar para aktivis '98 mau mengkritiknya agar semua kebijakan benar-benar prorakyat.

"Presiden harus berhati-hati dalam mengambil kebijakan keamanan ibu kota terkait demontrasi yang terjadi beberapa hari ini," pungkasnya. (OL-8)







 

 

BERITA TERKAIT