16 October 2020, 20:35 WIB

Berburu Pokemon Bisa Ubah Mood


Weekend | Weekend

Pokémon Go, gim realitas berimbuh (augmented reality/AR) populer yang telah menghasilkan US$445,3 juta sejak dirilis pada Juli 2016, ternyata punya impak positif. 

Dilansir dari Psychology Today pada Rabu (14/10), baru-baru ini dilaporkan bahwa gim ini kembali populer karena pandemi Covid-19. Kreator Pokemon Go bahkan telah mengembangkan gim ini agar dapat lebih mudah dimainkan di lingkungan rumah. Jadi, alih-alih menangkap Pokemon di halte bus, Anda kini dapat memburunya di ruang tamu Anda. 

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Alloway dan Carpenter yang dimuat dalam jurnal ‘Psychology of Popular Media’ menemukan bahwa Pokémon Go dapat meningkatkan suasana hati dan kemampuan kognitif.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa orang-orang yang awalnya memiliki mood negatif, setelah bermain Pokémon Go suasana hatinya menjadi lebih baik. 

Gim ini juga meningkatkan beberapa aspek kognitif, karena bermain gim ini menstimulasi memori kerja (working memory), tempat penyimpanan sementara memori. 

Peneliti menemukan bahwa memori kerja verbal, informasi yang berkaitan dengan huruf serta kata-kata, meningkat setelah bermain Pokémon Go. 

Studi ini tidak memperlihatkan peningkatan di semua komponen memori kerja, namun menunjukan bahwa fungsi memori kerja verbal menjadi fleksibel serta meningkat karena hasil gim ini. Setelah bermain untuk waktu yang lama, akan terlihat peningkatan dari seberapa baik mengingat informasi verbal, serta suasana hati jauh lebih bahagia. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-2) 

BERITA TERKAIT